Laman

Kamis, 10 Desember 2015

3 Perbedaan LCD dan LED

Perbedaan LCD dan LED - Bagi Anda yang suka mengikuti perkembangan teknologi terkini, Anda pasti pernah mendengar teknologi layar LCD atau LED. Namun apakah Anda tahu perbedaan diantara keduanya? LCD dan LED sendiri merupakan fitur yang berkembang pada teknologi komputer. LCD merupakan liquid crystal display, dan LED merupakan light emitted diodes. Keduanya cukup popular dengan desain tipis sebagai terobosan monitor tabung terdahulu. Sekilas, LCD dan LED terlihat sama khususnya bagi orang awam.

Walaupun terlihat sama, ada perbedaan antara LCD dan LED. LED yang merupakan teknologi sebelum LCD sebenarnya hanya sebatas mengembangkan kekuatan LCD dengan daya yang lebih efektif. Walau demikian, LED juga belum pasti lebih baik daripada LCD. Hal ini tergantung pada tujuan penggunaan layar monitor yang akan Anda pakai. Supaya lebih jelas mengenai LCD dan LED, mari kita simak perbedaan LCD dan LED berikut ini.

1. Pancaran Cahaya
LCD dan LED bisa dibedakan dari pancaran cahaya yang diberikan layar, atau bahasa lain yaitu tampilannya. Pada dasarnya, LED merupakan LCD yang menggunakan teknologi LED, yaitu fitur yang memungkinkan layar monitor untuk memilah cahaya yang dikeluarkan. Ini berhubungan dengan apa yang disebut dengan local dimming LED yang mampu memfokuskan pancaran cahaya ke titik warna yang dibutuhkan.

2. Jangkauan Pandang
Perbedaan yang bisa dilihat dari LCD dan LED selain dari pancaran cahayanya merupakan dari jangkauan pandangnya. LED memiliki jangkauan pandang yang lebih luas daripada LCD. LED juga memiliki black and contrast yang baik. Walau demikian, LCD lebih memiliki ketajaman perubahan warna. Ini disebabkan oleh LED yang menyorot cahaya dan menyebarkannya ke seluruh sisi layar, sedangkan LCD hanya bergantung pada CCFL nya. Sehingga, apabila Anda akan memutuskan akan membeli monitor LCD atau LED, pertimbangkan terlebih dulu apa sebagai tujuan Anda membeli. Jika Anda seseorang yang memerlukan layar monitor dengan grafis dan ketajaman yang baik, kami sarankan Anda lebih memilih layar monitor LCD yang memiliki kualitas dan ketajaman warna yang lebih banyak.

3. Ketahanan dan daya
Untuk bagian ketahanan dalam LCD ataupun LED, LED memang memiliki ketahanan yang lebih besar dibandingkan dengan LCD. Led sendiri memiliki daya tahan hingga 100. 000 jam ketika dinyalakan, sedangkan LCD hanya memiliki sekitar 60. 000 jam ketika dinyalakan. Inilah mengapa LCD lebih rawan daripada LED. Daya yang diperlukan untuk teknologi LCD juga lebih besar daripada LED. Hal ini karena LCD menggunakan teknologi CCFL yang terus menerus memancarkan cahaya. LED juga lebih hemat energi karena desainnya yang lebih tipis, kurang dari 1 inci yang tidak memerlukan energi listrik yang besar.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan LCD dan LED. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: