3 Perbedaan Manusia dan Malaikat

Perbedaan Manusia dan Malaikat - Ungkapan malaikat tanpa sayap mungkin menjadi salah satu perumpamaan ketika seseorang menyamakan manusia dengan malaikat. Malaikat sendiri biasanya digambarkan dengan sayapnya yang lebar, dengan wajah berseri-seri dan sinar yang muncul seperti aura di tubuhnya. Ya, manusia dan malaikat memang memiliki satu pencipta yang sama, terutama bagi penganut monoteisme yakni Tuhan. Keduanya juga di ciptakan untuk menyembah dan beribadah kepada Tuhan. Pada dasarnya walaupun sama-sama makhluk Tuhan, malaikat memiliki banyak perbedaan dengan manusia.
Berikut perbedaan antara manusia dan malaikat :

1. Bahan Penciptaanya
Perbedaan manusia dan malaikat yang pertama merupakan bahan penciptaan manusia dan malaikat. Salah satu alasan yang mungkin diberikan mengapa malaikat terlihat berseri-seri dan mengeluarkan cahaya terang yaitu karena malaikat tercipta dari cahaya. Sementara manusia seperti kita diciptakan dari tanah. Itulah mengapa kita suatu saat akan kembali menjadi tanah, kembali menjadi awal mula kita diciptakan.

2. Nafsu
Perbedaan manusia dan malaikat yang kedua yaitu nafsu yang dimiliki manusia dan malaikat. Manusia sendiri seperti yang kita ketahui memiliki segudang hawa nafsu, contohnya hawa nafsu akan makan, minum, dan kawin. Malaikat tidak demikian, karena malaikat di ciptakan dengan tidak memiliki hawa nafsu. Sehingga tujuan penciptaan malaikat hanya melaksanakan ibadah, mengabdi dan memuji Tuhan.

Malaikat juga memiliki pikiran yang statis, sehingga sifatnya tidak akan berubah, sedangkan manusia memiliki sifat dinamis yang kadang beriman, kadang terkena godaan. Malaikat juga tidak memiliki jenis kelamin, sehingga mereka tidak berkembangbiak kecuali atas ijin Tuhan. Sedangkan manusia dibagi menjadi laki-laki dan perempuan. Manusia juga ada yang taat (berhati seperti malaikat), namun juga ada yang ingkar (berhati seperti setan). Ini semua berkaitan dengan hawa nafsu, dan semua yang berakal dan berhawa nafsu akan diadili diakhir zaman.

3. Sifat
Perbedaan manusia dan malaikat yang ketiga yaitu sifat dari manusia maupun malaikat. Manusia itu bersifat nyata, bisa dilihat oleh segala makhluk Allah. Sedangkan malaikat bersifat gaib, yakni hanya bisa dilihat oleh selain manusia. Adapun hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat malaikat, yakni orang-orang yang dipilih Tuhan, contohnya utusan Tuhan seperti para nabi dan rasul.

Itulah beberapa perbedaan antara manusia dan juga malaikat. Hanya Tuhan lah yang mampu berkehendak pada kedua ciptaannya ini. Kita sebagai manusia yang di beri anugerah kesempurnaan sudah sepatutnya bersyukur kepada Tuhan. Malaikat memang sempurna, biasa dijadikan perumpamaan yang sempurna untuk hal-hal yang baik. Namun malaikat berlaku demikian pastinya karena malaikat tidak memiliki akal, juga hawa nafsu seperti halnya manusia atas kehendak Tuhan. Jadi, sesempurnanya sosok malaikat, akan lebih sempurna sosok manusia yang beriman.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan manusia dan malaikat. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.