7 Perbedaan Arteri dan Vena yang Penting untuk Anda Ketahui

Perbedaan Arteri dan Vena - Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan arteri dan vena, Anda bisa menyimaknya dalam penjelasan berikut ini. Dalam dunia kesehatan, mungkin Anda tidak akan asing lagi mendengar pembuluh arteri dan juga pembuluh vena. Keduanya memang adalah pembuluh didalam tubuh yang memiliki fungsi masing-masing. Namun tahukah Anda keduanya memiliki perbedaan, keduanya memang bukan pembuluh darah yang sama. Untuk mempermudah Anda dalam membedakan apakah pembuluh tersebut pembuluh arteri maupun vena, ketahui perbedaannya berikut ini.

Membedakan pembuluh arteri dan pembuluh vena bisa dilakukan dengan mudah. Ketahui poin-poin berikut ini untuk membantu mempermudah membedakannya. Ini dia poin-poin yang bisa menunjukkan perbedaan arteri dan vena :

1. Letak
Hal pertama yang paling mendasar dari perbedaan antara pembuluh darah arteri dan vena yaitu pada poin letak. Letak pembuluh arteri lebih dalam, oleh karena itu untuk menemukan pembuluh arteri ketika ingin memasukkan jarum suntik akan terasa lebih sulit. Pembuluh arteri memang tidak terlihat langsung dari permukaan kulit, berbeda dengan pembuluh vena. Pembuluh darah vena sangat dekat dengan kulit sehingga mudah untuk dilihat.

2. Fungsi
Untuk membedakan pembuluh darah arteri dan vena, ketahui fungsinya masing-masing. Pembuluh darah arteri memiliki fungsi mengangkut darah dari jantung ke seluruh organ tubuh. Darah yang dibawa pembuluh arteri ini mengandung banyak oksigen. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki fungsi membawa darah menuju jantung. Darah yang dibawa pembuluh vena kaya akan karbon dioksida dan rendah oksigen.

3. Katup
Pembuluh darah arteri tidak memiliki katup sedangkan pembuluh darah vena memiliki katup yang ada di sepanjang pembuluhnya.

4. Tekanan
Perbedaan arteri dan vena selanjutnya yakni bisa dilihat dari tekanannya. Pembuluh darah arteri memiliki tekanan yang cukup tinggi akibat darah yang sudah dipompa jantung tersebut akan dialirkan ke pembuluh darah arteri. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki tekanan darah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan darah di pembuluh arteri.

5. Dinding pembuluh
Perbedaan lainnya bisa juga Anda lihat dari dinding pembuluh. Pembuluh darah arteri memiliki dinding pembuluh yang tebal dan juga elastis. Sedangkan dinding pembuluh darah vena sangatlah tipis dan mudah mengalami peregangan.

6. Arah aliran
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembuluh darah arteri memiliki arah aliran ke luar dari organ jantung. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki arah aliran menuju ke organ jantung.

7. Saluran
Pembuluh darah arteri memiliki saluran atau lumen yang sempit yang diakibatkan oleh dinding pembuluhnya yang tebal. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki saluran yang luas karena dinding pembuluhnya yang tipis.

Itulah poin-poin yang bisa Anda perhatikan untuk mempermudah membedakan antara pembuluh darah arteri dan juga pembuluh darah vena. Kedua pembuluh darah ini memiliki perbedaan yang cukup banyak, bahkan untuk pemeriksaan kesehatan biasanya menggunakan darah dari pembuluh tertentu.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai 7 perbedaan arteri dan vena. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.