Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Anda Perlu Tahu Perbedaan Margarin dan Mentega

Perbedaan Margarin dan Mentega - Apa Anda masih bingung dalam membedakan margarin dan mentega? Banyak dari kita yang mengatakan produk-produk margarin merupakan sama seperti mentega, atau produk-produk mentega sama seperti margarin. Sebetulnya, margarin dan mentega keduanya bisa digunakan dalam pembuatan roti. Walau demikian, margarin dan mentega yaitu dua hal yang berbeda, walaupun biasanya cara penggunaannya yang sama. Mari simak kajian margarin dan mentega.

1. Margarin
Margarin merupakan bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan, biasanya disebut lemak nabati. Margarin ini memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega. Hal ini membuat margarin lebih tahan jika diletakkan di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh. Margarin memiliki warna kuning yang terang. Margarin juga memiliki kandungan lemak baik yang lebih banyak daripada lemak jemu atau kolesterol jahat yang biasa terkandung pada unsur hewani. Merek-merek margarin yang biasa kita jumpai di pasaran yaitu Simas, Blue Band, Forvita, dan lain-lain.

2. Mentega
Mentega merupakan bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak hewan, biasanya disebut lemak hewani. Hewan yang di ambil lemaknya sendiri berbagai macam, ada sapi maupun babi. Namun, di negara sebagian besar Muslim di Indonesia biasanya mentega yang paling beredar banyak merupakan mentega lemak sapi. Mentega memiliki tekstur sangat lembut. Sehingga ia tidak tahan pada suhu ruangan dan cepat meleleh. Warna dari mentega yaitu kuning pucat. Mentega memiliki kandungan lemak jemu atau kolesterol jahat yang cukup tinggi, sehingga sering direkomendasikan oleh pakar nutrisi untuk tidak banyak dikonsumsi. Merek mentega yang biasa kita temui di pasaran yaitu Wysman, Orchid, Elle, dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan beberapa perbedaan margarin dan mentega yaitu :
  • Margarin terbuat dari lemak nabati, sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani.
  • Margarin lebih kaku dan tahan ruangan ketimbang mentega yang mudah meleleh. Sehingga margarin lebih mudah dalam penyimpanannya ketimbang mentega.
  • Warna margarin lebih kuning menyala daripada mentega yang kuning pucat.
  • Margarin lebih sehat ketimbang mentega karena kolesterol jahat yang bisa memperbesar resiko penyakit kolesterol.
Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai tahu tentang perbedaan antara margarin dan mentega? Bagi Anda yang biasa membuat roti, juga bakal menggunakan margarin dan mentega secara seimbang karena kelebihan yang satu akan menutupi kelemahan yang satunya. Contohnya, mentega yang lebih harum bisa membuat roti lebih enak, sedangkan margarin bisa membuat tekstur roti menjadi kokoh. Hal ini karena mentega memang memiliki aroma yang kuat, sedangkan margarin tidak. Sebaliknya, margarin memiliki daya emulsi yang lebih tinggi daripada mentega.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan mentega dan margarine. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: