Apa Saja Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif?

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif - Perbedaan bakteri gram positif dan negatif berdasarkan ciri-cirinya. Hans Christian Gram, adalah seorang ahli medis dari Denmark yang sudah mengembangkan sebuah teknik dalam membedakan jenis dari bakteri sesuai dengan ketebalan lapisan di dinding sel melalui sistem pewarnaan di tahun 1884. Biasanya, bakteri akan diwarnai melalui campuran yodium dan zat warna violet, lalu dibilas menggunakan alkohol lalu diwarnai kembali menggunakan zat warna merah. Apabila bakteri tersebut menunjukkan warna yang merah maka termasuk sebagai jenis bakteri gram negatif, sebaliknya apabila bakteri tersebut berwarna ungu maka tergolong bakteri gram positif.

Sebelum kita membahas perbedaan bakteri gram positif dan negatif, ada baiknya jika membahas sedikit mengenai kedua jenis bakteri ini :
  • Bakteri Gram Positif
Bakteri ini memiliki dinding sel yang bisa menyerap zat warna violet serta memiliki suatu lapisan peptidoglikan tebal. Adapun contohnya yaitu Lactobacillus, Actinomyces, Arachnia, Bifidobacterium, Staphylococcus, Propionibacterium dan Eubacterium. Ciri-cirinya yaitu dinding sel yang homogen dengan ketebalan 20-80 nanometer dan tersusun dari senyawa peptidoglican. Bentuk sel dari bakteri gram positif ini yaitu batang atau berbentuk filamen dan bulat. Sistem reproduksi bakteri gram positif melalui pembelahan secara biner. Alat geraknya berupa flagela nonmotil, jika tidak memiliki motil maka menggunakan petritrikus.
  •  Bakteri Gram Negatif
Bakteri Gram Negatif adalah bakteri dengan bagian dinding selnya bisa menyerap zat warna merah. Bakteri ini memiliki lapisan peptidoglikan tipis yang terdapat pada ruang periplasmik, yakni antara membran luar dengan membran plasma. Adapun contoh dari bakteri ini yaitu Salmonella Typhi, Rhizobium Leguminosarum, azotobacter, Neisseria gororrhoeae, Pseudomonas aeruginosa, Helicobacter pylori dan Haemophilus influenza. Sesungguhnya bakteri gram negatif memiliki sifat patogen sehingga lebih berbahaya jika dibandingkan denganbakteri gram positif. Hal ini karena membran luar pada bagian dinding sel bisa melindungi bakteri tersebut, bisa menghalangi masuknya zat antibiotik dan juga sistem dari pertahanan inang.

Adapun perbedaan bakteri gram positif dan negatif lebih jelasnya bisa kita simpulkan berikut ini :

1. Berdasarkan ciri-ciri
Bakteri Gram Negatif memiliki sistem membran yang ganda dengan membran plasma bakteri dilindungi membran luar permeabel, bakteri negatif juga memiliki dinding sel peptidoglikan diantara membran luar dan membran dalam. Sementara bakteri gram positif hanya memiliki membran plasma yang tunggal dengan dikelilingi oleh dinding sel yang tebal dari peptidoglikan. Hampir 90% dinding sel bakteri gram positif ini tersusun dari peptidoglikan.

2. Komposisi dinding sel
Komposisi dinding sel gram negatif terdiri dari kandungan lipid yang tinggi, berbeda dengan komposisi dinding sel bakteri gram positif yang mengandung lipid rendah.

3. Ketahanan terhadap antibiotik
Sifat ketahanan terhadap antibiotik untuk bakteri gram negatif sendiri lebih kuat atau tahan, berbeda dengan ketahanan bakteri gram positif yang rawan terhadap penisilin atau antibiotik.

4. Ketahanan terhadap perlakuan fisik
Bakteri gram negatif memiliki sifat yang kurang tahan terhadap perlakuan fisik, berbeda dengan bakteri gram positif yang lebih tahan terhadap perlakuan fisik.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai 4 perbedaan bakteri gram positif dan negatif dari beberapa faktor. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.