Apakah Anda Tahu Perbedaan Etika dan Moral?

Perbedaan Etika dan Moral - Apakah Anda tahu perbedaan etika dan moral? Etika dan moral adalah dua kata yang sudah tidak asing lagi di telinga. Secara eksplisit keduanya seringkali dianggap sama. Meskipun sebenarnya makan kedua kata tersebut berbeda. Secara konseptual, dasar kedua kata tersebut sama yakni menilai mengenai sesuatu yang dianggap baik dan buruk. Sebelum membahasnya lebih jauh, sebaiknya pahami terlebih dulu pengertian keduanya.

1. Etika
Etika adalah cabang ilmu filsafat yang mempelajari mengenai sesuatu yang dianggap baik atau yang dianggap tidak baik (buruk) dan ukuran yang mendasari baik/buruk yaitu akal pikiran sendiri. Menurut Dr. Hamzah Y’qub, merumuskan etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memerhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang bisa di ketahui oleh akan pikiran.

2. Moral
Dikutip dari kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , kata moral memiliki beberapa makna yakni :
  • Ajaran mengenai baik atau buruknya suatu perbuatan, kewajiban, sikap, akhlak, budi pekerti dan susila.
  • Sebuah kondisi jiwa dimana orang akan selalu berani, semangat, disiplin, dan bergairah atau keadaan dimana perasaan yang dirasakan tertuang dalam perbuatan yang benar.
  • Sebuah pelajaran tentang kesusilaan yang di ambil dari suatu cerita.
  • Sedangkan menurut Moral PN. Masnizah Mohd (2005) menjelaskan bahwa moral menyangkut mengenai persoalan yang benar atau salah, sesuatu yang perlu dilakukan dan ditinggalkan atau alasan-alasan tertentu disuatu keadaan tertentu.
  • Sedangkan etika adalah studi mengenai bagaimana tingkah laku suatu individu atau golongan bernilai baik atau sebaliknya yang berdampak pada sosial. Secara singkat, moral adalah kebiasaan yang berlaku dalam suatu masyarakat, sesuatu yang diterima oleh masyarakat.
Berdasarkan uraian di atas, berikut ini kesimpulan mengenai perbedaan etika dan moral :
  1. Etika adalah salah satu cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai nilai yang dianggap baik atau buruk. Sedangkan moral adalah kebiasaan yang di terima oleh suatu masyarakat.
  2. Sumber mendasar etika yang dianggap baik atau uruk yaitu akal pikiran sendiri. Sedangkan sumber yang mendasari norma yaitu masyarakat itu sendiri.
  3. Etika adalah dasar dari terbentuknya moral suatu masyarakat. Tanpa adanya etika maka moral masyarakat tidak terbentuk. Etika yang berasal dari akal pikiran menjadi dasar masyarakat untuk menerima suatu kebiasaan atau nilai yang muncul baik atu buruk.
  4. Etika berbentuk filosofis sedangkan moral bersifat praksis.
  5. Moral tidak akan terbentuk tanpa adanya etika.
Contoh nyata perbedaan etika dan moral yakni, sebagai manusia berakal sehat maka berkata baik dan benar yaitu hal baik yang disadari oleh semua orang. Dari pemikiran tersebut maka terbentuklah moral masyarakat untuk selalu berkata jujur. Sehingga orang yang suka berbohong akan dianggap tidak bermoral dan mendapatkan sanksi pengucilan dari masyarakat.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan etika dan moral. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.