Laman

Rabu, 09 Desember 2015

Apakah Perbedaan Pasar Uang Dan Pasar Modal Itu?

Perbedaan Pasar Uang Dan Pasar Modal - Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan pasar uang dan pasar modal. Perbedaan pasar uang dan pasar modal mungkin sering kita dengar, akan tetapi mungkin Anda belum memahami pengertian tentang kedua istilah tersebut . Mungkin juga Anda tidak terlalu memahami dengan perbedaan dari keduanya. Oleh karena itu, sebelum membahas tentang perbedaan pasar uang dan pasar modal, sebaiknya apabila kita mengetahui arti dari pasar uang dan pasar modal ini, sehingga kita akan semakin memahami tentang kedua istilah ini.

Pasar Uang atau Money Market
Merupakan tempat atau kegiatan dimana di sana terjadi pertemuan permintaan dan penawaran dana-dana yang terwujud dalam sekumpulan surat berharga dan memiliki jangka waktu yakni kurang dari satu tahun.

Pasar Modal atau Bursa Efek
Merupakan tempat bertemunya dua pihak yakni pihak yang menawarkan kepada pihak yang membutuhkan dana yang memiliki jangka panjang, yakni dalam surat bukti hutang jangka panjang atau obligasi, surat yang menunjukkan pernyataan modal (saham) dan lainnya yang termasuk surat berharga.

Setelah mengetahui pengertian tentang pasar modal dan pasar uang, maka kita menjadi lebih memahami, sehingga bisa kita tarik kesimpulan tentang perbedaan antara pasar uang dan pasar modal. Adapun perbedaannya yaitu sebagai berikut :

1. Jangka waktu
Dari pengertian diatas, kita bisa mengetahui bahwa perbedaan pasar uang dan pasar modal yang pertama merupakan ada pada jangka waktu. Jangka waktu dana-dana dan surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang merupakan jangka waktu pendek yakni kurang dari setahun. Adapun jangka waktu untuk jual beli dana-dana, obligasi, saham dan surat berharga lain pada pasar modal merupakan jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari setahun.

2. Tempat
Seperti yang kita ketahui bahwa pasar modal memiliki tempat yang jelas yang di ketahui oleh masyarakat luas. Di negara kita sendiri, kini terdapat dua pasar modal yakni bursa efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Sedangkan untuk pasar uang tidak memiliki transaksi khusus dan transaksi yang ada dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi.

3. Otoritas tertinggi
Untuk pasar uang otoritas tertingginya yaitu BI, sedangkan otoritas tertinggi untuk pasar modal yang memegang otoritas tertinggi yaitu Departemen keuangan.

4. Tempat terjadinya
Terjadinya pasar modal ini ada di bursa efek, sedangkan untuk pasar uang terjadi diantara bank.

5. Risiko
Setiap pasar uang dan pasar modal ini memiliki risiko masing-masing. Namun untuk pasar uang memiliki risiko rendah dan dengan return yang rendah, sedangkan untuk pasar modal berlaku untuk sebaliknya yakni risiko tinggi dengan return yang tinggi juga.

Sekian informasi mengenai perbedaan pasar uang dan pasar modal agar Anda bisa membedakan dari keduanya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.

Share this: