Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Beberapa Perbedaan LCD dan LED

Perbedaan LCD dan LED - Di era teknologi yang berkembang seperti sekarang, banyak sekali macam teknologi baru yang diperkenalkan. Televisi sebagai media telekomunikasi secara massa juga tidak luput dari perkembangan teknologi terkini. Bisa dikatakan, pada sebelum tahun 2000 yang lalu belum semua keluarga memiliki televisi. Kini, televisi bukan lagi sebagai kebutuhan tersier, namun sudah berubah menjadi sekunder atau bahkan primer.
perbedaan lcd dan led laptop,led monitor,monitor komputer,tv,perbedaan tv lcd dan led serta plasma,lcd dengan led,harga tv lcd dan led,
Baca Juga : Perbedaan LCD dan LED
Saat ini sudah tidak tanggung-tanggung lagi, Anda bisa meletakkan TV Anda sekedar seperti gantungan di dinding dan terlihat seperti lukisan yang bergerak. Ada beberapa orang yang mungkin sekedar membedakan televisi dari bentuknya saja, contohnya antara TV tabung dan TV slim. Namun sekarang kita akan membahas TV slim saja, dengan perbedaan LCD dan LED yang keduanya menjadi teknologi paling populer untuk layar monitor televisi atau PC.

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Sedangkan LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diodes. Sebenarnya, baik LCD ataupun LED yaitu sama. LED hanya suatu layar monitor sebagai teknologi baru dari hasil modifikasi teknologi LCD. Nama asli dari teknologi LED sendiri yaitu LED-backlit LCD, yang berarti LCD yang disertai backlit/backlighting. Kesamaan dari keduanya ini hanya dibedakan dibagian CCFL atau cold cathode fluorescent lamps yang berfungsi pada LCD untuk menerangi layar. Untuk LED sendiri hanya menggunakan array yang lebih kecil, namun lebih efektif yakni light emitting diodes dalam penerangan layar.

Kemajuan yang ada pada teknologi LED merupakan LED yang tidak menggunakan CCFL menjadi lebih tipis, dengan tebal yang biasanya dibawah seinci. Nah, LED yang tipis inilah yang membuat layar semakin hemat energi. Ini disebabkan oleh teknologi LED yang lebih hemat energi dibandingkan dengan CCFL dalam proyeksi ke tampilan layar. Titik kemajuan pada LED yaitu local dimming, yakni suatu teknologi untuk membuat pencahayaan secara selektif. Maksud dari pencahayaan yang selektif adalah, pada saat LCD menampilkan sebuah layar hitam, lalu Anda menambahkan setitik warna putih di bagian manapun di layar, CCFL dalam LCD akan langsung membuat pencahayaan secara merata ke seluruh layar, sehingga hal ini membuat daya yang dikeluarkan semakin banyak.

Selain keunggulan teknologi LED di atas, ia juga memiliki level black and contrast yang baik. Keunggulan dari teknologi LED ini masih bersangkutan dengan local dimming. Karena dengan local dimming bisa mematikan cahaya-cahaya yang tidak diperlukan dan Anda bisa menikmati warna kontras dengan baik. Walau demikian, tidak semua produk LED dibarengi dengan local dimming. Biasanya, produk LED di tawarkan dalam 2 jenis variasi, yakni edge-lit dan full array. Jika Anda menginginkan local dimming, Anda patut melirik variasi full array.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan LCD dan LED. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: