Ini Dia 6 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan - Pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi merupakan salah satu hal yang berkaitan erat dengan dunia bisnis beserta dengan dinamika perusahaan. Akan tetapi akuntansi ini terbagi atas akuntansi manajemen dan juga akuntansi keuangan. Kedua jenis akuntansi memiliki perbedaan, keduanya tidak dapat disamakan karena beberapa faktor. Untuk Anda yang belum mengetahui mengenai perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, simak penjelasan berikut ini. Penjelasan berikut ini tentunya akan membantu Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya.
perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi keuangan,audit manajemen dan audit keuangan,persamaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan,pdf,pengertian akuntansi keuangan,menurut para ahli,
Baca Juga : Perbedaan AM dan PM

Langsung saja, berikut ini ialah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang dapat Anda ketahui:

1. Pengguna utama
Untuk akuntansi manajemen lebih fokus terhadap kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internal. Sedangkan akuntansi keuangan akan lebih berfokus fokus terhadap kebutuhan informasi untuk pengguna eksternal.

2. Pembatasan untuk masukan dan juga proses
Untuk akuntansi manajemen, ini tidak bergantung pada prinsip dasar akuntansi yang diterima secara umum. Sedangkan akuntansi keuangan memiliki lembaga khusus yang bertugas mengatur format, aturan, isi dan lain sebagainya. Akuntansi keuangan terdapat regulasi sedangkan akuntansi manajemen tidak memiliki regulasi. Di dalam akuntansi manajemen, sistem dan juga informasi ditentukan langsung oleh manajemen. Tujuannya tentunya untuk menemukan kebutuhan strategik serta operasional. 

3. Cakupan
Akuntansi keuangan berisi cakupan mengenai laporan organisasi secara menyeluruh. Sedangkan pada  akuntansi manajemen memberitahukan keputusan serta tindakan yang diambil.

4. Sifat informasi
Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan berikutnya yaitu jika akuntansi manajemen memiliki sifat informasi yang lebih subjektif, akuntansi keuangan lebih objektif. Akuntansi manajemen mempertimbangkan semua hal dengan relevan, valid dan juga akurat. Sedangkan pada akuntansi keuangan sifat informasinya dapat di audit, konsisten, tepat dan reliable. 

5. Tipe informasi
Akuntansi keuangan hanya mengukur mengenai keuangan saja. Sedangkan pada akuntansi manajemen mengukur keuangan dan operasional serta pengukuran fisik proses, supplier, teknologi, kompetitor dan juga pelanggan.

6. Waktu
Secara garis besar, akuntansi keuangan memiliki orientasi waktu yang terlambat atau historis. Fungsi dari akuntansi ini adalah untuk menuliskan kegiatan-kegiatan yang sudah terjadi. Sedangkan pada akuntansi manajemen waktunya adalah saat ini serta orientasi masa yang akan datang. Fungsi akuntansi ini adalah untuk menekankan penyediaan informasi dan juga kegiatan di masa yang akan datang.

Itulah 6 perbedaan dasar yang dapat Anda ketahui antara akuntansi keuangan dan juga akuntansi manajemen. Bagi Anda yang selama ini belum mengetahui perbedaannya, simaklah ulasan tersebut dengan seksama. Dengan membaca ulasan tersebut, Anda akan lebih mudah memahami perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen merupakan jenis akuntansi yang berbeda. Akuntansi manajemen merupakan akuntansi yang lebih luas dibandingkan akuntansi keuangan.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai 6 perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.