Inilah Perbedaan Bangsa dan Negara Yang Wajib Kita Ketahui

Perbedaan Bangsa dan Negara - Apa sih perbedaan bangsa dan negara? Seringkali kita mengatakan atau bahkan mendengar kedua kata tersebut . Karena bangsa ataupun negara termasuk 2 kata yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga banyak persepsi yang mengatakan bahwa bangsa dan negara adalah kedua kata yang sama artinya. Padahal, kedua kata tadi termasuk kata-kata yang memiliki perbedaan makna walaupun memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya. Apabila Anda ingin mengetahui apa perbedaan dari keduanya ini, sebaiknya kita simak penjelasan pengertian bangsa dan negara terlebih dulu.
Berdasarkan pengertiannya sendiri, bangsa merupakan sekelompok dari manusia yang berjumlah sangat banyak dan besar yang menempati suatu wilayah tertentu. Sementara, negara sendiri adalah sebuah organisasi yang cakupannya terdiri dari sekelompok orang di suatu wilayah dengan fungsi untuk memiliki dan mengatur kekuasaan terhadap wilayah tersebut . Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa bangsa merupakan individu sekaligus keturunannya yang menempati sebuah wilayah yang disebut negara serta mengakui terdapatnya kekuasaan pada negara yang ditempatinya tersebut .

Negara sendiri bisa dikatakan sebagai suatu wilayah yang di dalamnya terdapat pemerintahan mutlak serta menaungi individu-individu di dalamnya, yang menempati wilayah tersebut . Perbedaan bangsa dan negara juga bisa dicermati melalui ciri-ciri antara keduanya, yaitu bangsa hanya suatu kumpulan individu, sementara negara sendiri memiliki cakupan yang lebih besar sebagai suatu organisasi dengan struktur organisasi yang teratur di dalamnya. Bangsa tidak memiliki kekuasaan yang digunakan untuk mengatur dengan mutlak, berbeda dengan negara yang justru berhak mengatur atau memiliki kekuasaan untuk mengatur setiap masyarakatnya dengan syarat yang mutlak.

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa kedudukan negara sesungguhnya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bangsa. Hal ini dikarenakan, negaralah yang mengatur setiap tindakan yang dilakukan bangsanya. Bangsa sendiri bisa terikat dalam satu adat istiadat, ras, bahasa serta identitas yang menjadikannya sebagai satu bangsa dengan satu kesamaan. Hal ini berbeda dengan negara yang sifatnya tak bisa terikat hanya dalam satu identitas tertentu, adat istiadat, bahasa dan ras. Sehingga, bisa dikatakan bahwa suatu negara bisa memiliki beraneka ragam bahasa, identitas, adat istiadat dan ras yang terdapat di dalamnya.

Bangsa tentunya harus menurut dan tunduk atas kedaulatan dalam negaranya sebagai organisasi yang memiliki kekuasaan tertinggi. Sehingga bangsa sendiri sifatnya terikat kepada negara berikut pemerintahannya. Berbeda dengan negara yang memiliki legitimasi yang berkewajiban memaksa atau mengatur masyarakat secara mutlak. Negara sendiri tentunya memiliki suatu bangsa dan bangsa itu tidak memiliki negara. Karena kumpulan dari bangsa-bangsa membentuk suatu negara. Seperti negara Indonesia, yang memiliki beragam budaya, adat istiadat, ras, suku bangsa, atau identitas bangsa yang lainnya. Nah, bagaimana sudah tahu kan perbedaan bangsa dan negara?

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan bangsa dan negara. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.