Laman

Senin, 14 Desember 2015

Inilah Perbedaan Drama dan Teater Secara Umum

Perbedaan Drama dan Teater - Untuk Anda yang sedang bingung mencari apa saja perbedaan drama dan teater, Anda bisa menemukannya pada uraian berikut ini. Drama dan teater adalah salah satu bentuk kesenian yang sama-sama sering Anda dengar. Ada beberapa pengertian drama yang ada saat ini, namun secara garis besar memiliki arti yang hampir sama. Menurut pendapat yang pertama drama adalah semua sesuatu yang terlihat diatas pentas dan menimbulkan perhatian, ketegangan serta kehebatan. Pentas ini disaksikan dan didengar oleh para penikmat atau pendengar.

Pendapat lain mengungkapkan bahwa drama adalah kesenian yang melukiskan gambaran atau sifat manusia yang diungkapkan menggunakan gerak. Pengertian lain dari drama yakni cerita yang konflik berbentuk dialog dan diproyeksikan di atas pentas menggunakan aksi dan juga percakapan di depan para penonton. Sedangkan pendapat mengenai pengertian teater sendiri juga bukan hanya satu, hampir sama dengan drama. Pendapat yang pertama, teater adalah gedung pertunjukan atau panggung atau auditorium. Pendapat lainnya yakni kisah hidup dan juga kehidupan manusia, kisah tersebut diperlihatkan dihadapan banyak orang.

Contoh dari teater diantaranya yakni Reog, Wayang orang, Sulap, Ludruk, Lenong dan lain sebagainya. Pendapat lain mengenai teater yakni kisah hidup yang diceritakan di atas pentas dan disaksikan oleh banyak orang. Kisah ini ditampilkan menggunakan media, percakapan, gerak dan tingkah laku serta bahkan dekor. Kisah ini ditampilkan berdasarkan naskah yang tertulis dan dengan maupun tanpa menggunakan iringan musik. Cukup banyak bukan pengertian dari drama maupun teater tersebut? Setelah membaca mengenai pengertiannya, lalu apa perbedaan drama dan teater tersebut?

Langsung saja, ini dia perbedaan dari drama dan teater yang bisa Anda ketahui. Drama dan teater secara umum memiliki makna yang sama namun diungkapkan menggunakan cara yang berbeda. Teater sendiri yaitu kata yang berasal dari Yunani Kuno yakni theatron, artinya adalah gedung atau tempat pertunjukan. Sedangkan drama berasal dari kata Yunani yakni dran yang berarti yaitu berbuat, beraksi dan berlaku. Drama memiliki kecenderungan ke seni sastra yang di dalamnya terdapat puisi, esai maupun prosa. Drama juga dapat disimpulkan sebagai kejadian maupun peristiwa yang tokohnya adalah manusia.

Kehidupan manusia yang diangkat ke atas pentas bisa menjadi suatu pertunjukan teater. Dari penjelasan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa teater bisa tercipta karena adanya drama. Tanpa adanya drama, teater hanya diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Jadi istilah drama dan teater benar-benar merujuk pada pengertian yang sangat berbeda. Drama dan teater pastinya tidak dapat disamakan atau dijadikan sinonim untuk menggantikan satu dengan lainnya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan drama dan teater. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: