Inilah Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan - Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan adalah bagian dari sub pembahasan pelajaran ketika kita mengenyam bangku pendidikan. Jika mau diingat-ingat, sudah berapa tahun kita tidak membuka kembali tema ini setelah kita lulus dari bangku sekolah dan repot beraktifitas dalam dunia kerja. Namun tidak ada salahnya apabila kita mencoba mengingat kembali agar ilmu yang pernah kita dapat tidak hilang begitu saja. Banyak juga di antara kita sudah lupa tentang perbedaan sel yang ada pada hewan dan tumbuhan tersebut. Untuk itu, kita bisa mereview kembali tentang apa sesungguhnya sel hewan dan tumbuhan supaya kita bisa membedakannya.
Sel hewan
Hewan adalah bagian dari mahkluk hidup yang ada didunia ini yang memiliki bagian sel sendiri. Bukan saja pada hewan, namun tumbuhan dan manusia juga memiliki sel yang berbeda. Pada hewan memiliki sel-sel yang mungkin terdapat pada sel tumbuhan, namun ada satu sel yang membedakannya yakni sel sentriol. Bentuknya mirip silinder yang tersusun atas protein mikrotubulus dengan ciri-ciri terdapat lubang-lubang di bagian tegah sel. Pada sel hewan terkadang tidak terdapat sel vakuola seperti yang terdapat pada sel tumbuhan, namun ada beberapa jenis hewan yang memiliki vakuola yakni hewan bersel satu seperti amoeba. Vakuola yang terdapat pada hewan bersel satu terdiri atas vakuola berdenyut dan tidak berdenyut. Pada hewan juga tidak terdapat dinding sel dan plastida.

Sel tumbuhan
Ciri utama pada jenis tumbuhan yaitu memiliki dinding sel, posisinya adalah bagian terluar dari sistem sel yang terdapat pada tumbuhan. Dinding sel inilah yang bisa menjadi ciri-ciri perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan serta beberapa sel lain yang memang tidak terdapat pada sel hewan. Batang pada tumbuhan memiliki karakter lebih keras di banding pada hewan, hal semacam ini disebabkan karena terbentuknya lapisan dinding sel sebagai zat kayu. Sedangkan sel vakuola yang biasanya juga terdapat pada hewan sel satu bisa didapati pada setiap jenis tumbuhan. Vakuola akan selalu berkembang mengikuti perkembangan tumbuhan tersebut . Semakin besar tumbuhan, maka vakuola akan semakin besar. Dalam vakuola inilah sebagai sumber aktifitas tumbuhan berupa kloroplas, leukoplas dan kromoplas.

Jika dilihat dari segi pengertian dan jenis sel-sel yang terdapat pada kedua jenis mahkluk hidup di atas kita bisa mengambil beberapa kesimpulan untuk membedakan karakteristik hewan dan tumbuhan, terlebih dilihat dari komposisi sel baik pada hewan dan tumbuhan. Perbedaan yang sangat jelas merupakan sel hewan tidak memiliki dinding sel sedangkan pada tumbuhan terdapat dinding sel. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan selanjutnya yaitu pada sel tumbuhan tidak memiliki lisosom dan sentrosom.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan sel pada hewan dan tumbuhan, walaupun singkat semoga bisa mengingat kembali pelajaran yang pernah kita dapatkan pada saat menjadi siswa sekolah supaya ilmu yang kita bisa tidak hilang begitu saja. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.