Laman

Selasa, 08 Desember 2015

Kenali Pengertian dan Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan Statistik dan Statistika - Apakah Anda sudah mengetahui dasar dari perbedaan statistik dan statistika? Memang kita sering mendengar bahwa statistik dan statistika itu sama dalam pengertian pasti berhubungan dengan angka. Statistik dan statistika memang suatu ilmu dan pengetahuan yang bisa dipelajari di bangku sekolah dan perkuliahan. Fungsi keduanya memang untuk memperbandingkan serta merampungkan suatu permasalahan. Akan tetapi kebanyakan orang masih bingung mengenai perbedaan dasar kedua ilmu tersebut yang menyebabkan kekeliruan dalam penafsiran.
Untuk Anda yang bingung mengetahui perbedaan kedua pengetahuan tersebut, berikut ini saya jelaskan pengertian statistik dan statistika. Statistik merupakan kumpulan angka mengenai suatu permasalahan sehingga bisa memberikan suatu gambaran dari permasalahan tersebut . Sedangkan statistika yaitu suatu cara ilmiah yang pelajari teknik pengumpulan, perhitungan, penggambaran, pengaturan data dibarengi dengan penarikan kesimpulan yang valid dari penganalisaan yang dilakukan serta pembuatan Keputusan secara rasional.

Nah apabila kita sudah mengetahui apakah itu pengertian dari statistik dan statistika, selanjutnya agar lebih jelas kita harus mengetahui secara detil perbedaan statistik dan statistika dari segi pengumpulan data. Berikut ini jenis pengumpulan data dari kedua ilmu tersebut .

Statistik
Jenis data statistik menurut cara mendapatkannya dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang secara langsung di ambil melalui obyek riset oleh peneliti secara individu ataupun kelompok. Umpamanya wawancara langsung penonton bioskop XXI untuk penelitian pretensi konsumen bioskop. Sedangkan data sekunder merupakan data yang didapat otomatis dari obyek penelitian. Di sini peneliti memperoleh data yang sudah dikumpulkan oleh pihak lain melalui berbagai cara, baik komersial ataupun tidak komersial. Umpamanya peneliti menggunakan hasil penelitian dari surat berita yang akan digunakan untuk penelitian statistiknya.

Statistika
Statistika berbeda dengan statistik, apabila dalam statistik terdapat jenis pengambilan data namun didalam statistika terdapat cara pengambilan sampel yang terbagi dalam dua teknik, yakni teknik sampling dan teknik berdasarkan peluang dan teknik sampling tidak berdasarkan peluang. Teknik sampling berdasarkan peluang adalah teknik pengambilan sampel dengan setiap unit observasi yang terdapat dalam populasi tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan pilihan sampel. Sedangkan teknik tidak berdasarkan peluang adalah teknik pengambilan sampel dimana setiap unit dalam populasi tidak memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel.

Nah, itulah perbedaan kedua pengetahuan tersebut dilihat dari jenis ataupun teknik pengambilan data. Walau sangat banyak perbedaannya namun perbedaan yang paling mendasar yaitu dilihat dari pengertian serta teknik, jenis pengambilan data. Dari paparan di atas bisa di ambil kesimpulan perbedaan statistik serta statistika. Jika statistik merupakan kumpulan angka yang didapat dari suatu permasalahan dan berperan untuk memberikan gambaran dari masalah tersebut . Sedangkan statistika merupakan Cara ilmiah yang digunakan untuk merampungkan data-data yang berisi suatu gambaran obyek masalah. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Statistik dan Statistika semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.

Share this: