Laman

Senin, 14 Desember 2015

Macam-Macam Perbedaan DNA dan RNA yang Dapat Anda Ketahui

Perbedaan DNA dan RNA - Pada kesempatan kali ini aka diberikan informasi mengenai perbedaan DNS dan RNA. Perbedaan DNA dan RNA pada dasarnya cukup banyak, sehingga lebih mudah untuk membedakan keduanya. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah DNA, namun sedikit asing dengan istilah RNA. DNA dan RNA adalah 2 hal yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. RNA atau Ribonucleic Acid (Asam RIbonukleat) adalah jenis asam nukleat, memiliki peran yang penting. Informasi yang ada pada DNA akan dipindah ke RNA lalu informasi dari DNA tersebut digunakan untuk sintesis protein.

RNA dan DNA memiliki struktur yang berbeda, namun keduanya tersusun dari beberapa nukleotida. Rantai RNA adalah rantai tunggal sedangkan rantai DNA adalah rantai ganda atau double helix. RNA sendiri terdiri dari gula pentosa ribosa, sedangkan untuk DNA sendiri adalah deokrisibosa. Baik RNA maupun DNA, keduanya memiliki basa nitrogen maupun asam nukleat yang berupa guanin, adenin, sitosin dan timin. Jika Anda masih merasa bingung, Anda bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai perbedaan DNA dan RNA berikut ini :

Rantai Nukleotida
Seperti yang sudah dijelaskan, RNA dan DNA memiliki perbedaan pada rantai nukleotida. DNA memiliki rantai nukleotida ganda atau double helix atau double stranded. Sedangkan RNA hanya memiliki rantai nukleotida tunggal atau single stranded.

Basa Pirimidin
Jika dilihat dari kandungan basa pirimpidin, DNA mengandung sitosin dan juga timin sedangkan RNA mengandung sitosin dan juga urasil.

Gula Pentosa
DNA mengandung Deoksirikbisa sedangkan RNA mengandung ribosa, keduanya berbeda.

Ukuran
DNA memiliki ukuran yang besar dan adalah bagian dari kromosom sedangkan RNA memiliki ukuran yang relatif lebih kecil.

Letak
Letak DNA sebagian besar berada di inti, namun ada juga di plastida dan mitokondria pada tumbuhan. Sedangkan letak RNA sendiri hanya berada di sitoplasma.

Jenis
Perbedaan antara DNA dan RNA bisa juga dilihat dari jenisnya. DNA hanya memiliki jenis DNA saja sedangkan RNA memiliki jenis diantaranya yakni mRNA, tRNA dan juga rRNA.

Fungsi
DNA memiliki hubungan yang sangat erat dengan pengendalian dari faktor keturunan dan juga sintesis darah. Sedangkan RNA sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dengan sintesi protein, perubahan kadar dan kecepatan sintesis protein. Untuk kadar DNA sendiri sangat di pengaruhi kecepatan ari sintesis protein.

Itulah perbedaan dari DNA dan RNA yang bisa Anda baca dan simak dengan baik. Bacalah dengan cermat agar lebih cepat mengerti pengertian dan perbedaan dari keduanya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membedakan antara DNA maupun RNA. Perbedaan antara DNA dan juga RNA yang bisa dilihat dari strukturnya yakni berupa rantau tunggal yang terdapat urasil yang berperan sebagai pengganti timin.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan DNA dan RNA. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: