Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Mengetahui Perbedaan Notebook dan Laptop Secara Sederhana

Perbedaan Notebook dan Laptop - Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan notebook dan laptop. Apabila dilihat dari segi fitur, spesifikasi dan ukurannya perbedaan notebook dan laptop memang sangatlah sedikit. Sedangkan fungsi dan manfaatnya hampir sama. Berkembangnya teknologi komputer jinjing sering membuat kita juga bingung, sesungguhnya apa perbedaan notebook dan laptop. Komputer jinjing ada yang menyebutnya laptop, namun banyak juga yang menyebutnya notebook, padahal dari modelnya sama saja.

Banyak istilah dalam teknologi komputer jinjing ini tentunya membuat kita penasaran dan ingin mengetahui agar tidak gaptek. Mengetahui apa sebenarnya laptop dan notebook sangatlah perlu dan penting agar kita sebagai pengguna teknologi bisa mengetahui dari beberapa sisi termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Ketika Anda akan membeli produk laptop atau notebook, tentunya kita harus survey tentang produk sebelum membelinya. Akan tetapi terkadang pada saat survey itulah muncul rasa bingung laptop atau notebook yang akan kita pilih karena kita masih awam dengan teknologi. Lalu, teknologi komputer seperti apa yang baik dan layak kita pilih supaya memudahkan aktifitas dan mobilitas kita? Oleh karena itu, Anda perlu memahami dan mengetahui perbedaan teknologi komputer lipat ini yang akan kami uraikan dibawah ini :

Notebook
Notebook jika diartikan secara bahasa merupakan buku catatan, tetapi mengapa buku catatan bentuk dan fungsinya banyak sekali dan bentuknya juga bukan buku. Anda akan bisa mengerti notebook jika Anda artikan secara istilah, yakni seperangkat komputer yang desainnya lebih ringkas serta multifungsi tidak seperti komputer desktop. Notebook menyerupai buku catatan karena fungsinya seperti buku untuk menulis, menghitung, menggambar dan bahkan melebihi dari itu. Sehingga karena perbedaan notebook dan laptop yang bisa dibawa kemana saja yang membuat produk ini semakin laris manis dibandingkan dengan perangkat komputer biasa. Lalu bentuk dan ukuran notebook juga lebih kecil dibandingkan dengan komputer lipat lainnya, alasan inilah sehingga disebut notebook. Sayangnya fitur yang ada pada notebook lebih ringkas untuk mengatasi keterbatasan ukuran dan spesifikasinya.

Laptop
Laptop merupakan perangkat komputer pengganti model komputer desktop yang saat ini semakin banyak penggunanya. Kelebihan laptop yaitu memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan komputer desktop sehingga tidak mempengaruhi kinerja yang memerlukan komputerisasi. Sedangkan harga laptop tentunya lebih mahal dibandingkan dengan harga komputer jinjing ataupun notebook. Perbedaan notebook dan laptop dari sisi harga inilah yang membuat laptop terkesan lebih eksklusif karena lebih mahal. Akan tetapi dari sisi kualitas dan fitur laptop juga lebih lengkap dan spesifikasinya lebih tinggi dibandingkan dengan notebook. Contohnya saja pada notebook tidak terdapat DV Room yang mengharuskan Anda membeli DVD eksternal.

Jika Anda telah mengetahui apa sebenarnya laptop dan notebook dari penjelasan di atas, sekarang Anda semakin mudah dalam memilih produk komputer apa yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Akan tetapi sebelum membeli, sebaiknya Anda juga memilih merk laptop ataupun notebook yang sudah memiliki kualitas dan jaminan garansi asli, sebab sekarang banyak merk lokal dengan harga terjangkau sampai merk yang sudah teruji walaupun lebih mahal. Anda cocokkan dengan biaya dan kebutuhan kerja Anda.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai perbedaan notebook dan laptop. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: