Perbedaan Cinta dan Sayang Secara Umum

Perbedaan Cinta dan Sayang - Banyak orang yang hingga saat ini masih tidak mengetahui perbedaan cinta dan sayang. Cinta dan sayang merupakan hal yang dirasakan oleh semua orang. Keduanya sendiri sebenarnya merupakan ungkapan dari hati kepada orang tertentu. Membahas mengenai cinta dan kasih sayang memang cukup menarik. Sesungguhnya membedakan antara sayang dan cinta memang bukan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Keduanya adalah perasaan yang muncul dari hati dan diungkapkan dengan hal-hal yang hampir serupa. Akan tetapi perlu di ketahui, sayang dan cinta merupakan hal yang berbeda.

Berikut adalah perbedaan cinta dan sayang yang bisa Anda ketahui :

Dampak
Cinta sering diungkapkan untuk lawan jenis, apabila diumbar maka akan memberikan efek yang buruk. Misalnya saja seperti seorang pria yang menyatakan cinta kepada lebih dari 1 perempuan maka ia akan mendapatkan sebutan sebagai playboy. Berbeda dengan sayang, ungkapan perasaan ini apabila diumbar malah akan memberikan efek yang bagus.

Hubungan dengan seks
Perbedaan yang paling terlihat merupakan hubungan keduanya dengan seks. Cinta sangat erat hubungannya dengan seks, begitupun sebaliknya. Sayang merupakan suatu ungkapan perasaan yang tidak mengharapkan atau berhubungan dengan seks. Sebagai contoh, orang yang menjalin hubungan seperti pacaran atau menikah bisa menggunakan ungkapan cinta. Sedangkan orang yang memiliki hubungan saudara seperti kakak dan adik, ungkapan perasaan yang tepat yaitu sayang. Tanpa mengharapkan atau melakukan hubungan badan, perhatian dan kasih sayang tetap ditunjukkan dan diberikan.

Jangka
Cinta biasanya memiliki waktu yang terbatas atau bukan hal yang permanen. Berbeda dengan sayang yang bisa bertahan lama karena perasaan ini tulus dari hati tanpa mengharapkan imbalan.

Ketulusan
Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, sayang adalah ungkapan rasa dari hati yang sangat dalam. Sehingga sayang memiliki ketulusan yang lebih dalam dan juga lebih ikhlas dalam melakukan berbagai hal. Berbeda dengan cinta yang ketulusannya terbatas, baik terbatas pada hal-hal yang dilakukan maupun terbatas pada jangka waktunya.

Penggunaan
Kata cinta sebaiknya hanya digunakan untuk satu orang saja terkait hubungan-hubungan yang bersangkutan. Sedangkan kata sayang bisa diungkapkan kepada lebih dari satu orang. Contohnya saja untuk orangtua, kakak, adik, kakek, nenek, teman dan lain sebagainya.

Sebenarnya setiap orang memiliki pandangannnya yang berbeda-beda terhadap cinta dan sayang. Akan tetapi sebagian besar orang berasumsi cinta sebagai hal yang perlu dijaga sedangkan sayang adalah hal yang bisa diumbar. Cinta juga dihubungkan dengan pengharapan imbalan, tidak seperti sayang yang tulus dari dalam hati tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan dari sayang dan cinta. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.