Laman

Senin, 14 Desember 2015

Perbedaan Dual Core dan Quad Core Pada Smartphone

Perbedaan Dual Core dan Quad Core - Apabila Anda ingin membeli smartphone terbaru sebaiknya ketahui terlebih dulu perbedaan dual core dan quad core pada processor smartphone. Saat ini sangat banyak sekali bermunculan produk dan seri terbaru pada smartphone yang mengusung spesifikasi processor yang banyak jenisnya. Ada processor dual core, ada pula quad core. Bagi kita yang masih awam dengan teknologi ini tentunya bingung dalam memilih smartphone seperti apa yang tepat kita pilih. Anda akan semakin bingung apabila hanya mendengar cerita dari teman bahwa processor dual core lebih cepat, namun ada pula yang bilang quad core merupakan yang terbaru dan terbaik, jika sudah begini pasti akan membuat Anda semakin bingung.

Mengetahui seluk beluk processor terbaru memang penting pada saat Anda akan membeli smartphone terbaru, sehingga Anda bisa memutuskan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam menggunakan smartphone. Setelah Anda mengetahui seluk beluk processor tersebut lalu mencari perbedaan dual core dan quad core untuk bisa mengetahui keunggulan dan sisi kekurangannya. Sayangnya, untuk mengetahui perbedaan dan keunggulan pada masing-masing processor tersebut kita sulit mendapatkannya. Namun pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas perbedaan processor tersebut yang mungkin bisa menjadi jawaban tepat sebelum Anda membeli smartphone terbaru.

Teknologi dual core
Teknologi dual core pertama kali diterapkan pada penggunaan PC dan laptop sebagai generasi Intel Pentium 4. Namun seiring berkembangnya teknologi komunikasi yakni smartphone, processor dual core juga sudah diterapkan pada ponsel pintar dan tablet. Pada dasarnya, penggunaan dual core yaitu teknologi yang menerapkan processor ganda pada satu mainboard, sehingga kinerja memproses operasi sistem menjadi lebih cepat. Kinerja dual processor tersebut juga membantu proses booting yang gagal langsung bisa melakukan proses booting kembali tanpa harus mati terlebih dulu. Dari pengertian ini kita pasti belum bisa mengetahui perbedaan dual core dan quad core sebelum mengetahui pengertian quad core, maka Anda juga harus menelisik informasi seputar quad core.

Teknologi quad core
Setelah merilis processor dual core muncul lagi teknologi terbaru sebagai perbaikan dari processor sebelumnya dengan dinamakan quad core. Processor ini juga pada awal peluncurannya diterapkan pada perangkat komputer dan laptop. Perkembangan processor pada smartphone juga mendapatkan inovasi terbaru dengan penggunaan processor quad core yang di klaim memiliki keunggulan setingkat di atas dual core. Padahal dari cara kerja hampir sama hanya saja software yang ada pada quad lebih sedikit sehingga mampu memberikan kinerja lebih cepat dibandingkan dengan dual core. Dari pengertian ini saja kita mulai bisa menemukan perbedaan dual core dan quad core baik pada PC ataupun smartphone.

Perbedaan yang lebih jelas lagi pada processor dual core dengan quad core yaitu pada fitur smartphone. Ketika menjalankan fitur seperti multitasking, menggunakan aplikasi multimedia yang memberikan perbedaan kinerja processor quad core lebih cepat dibandingkan dengan dual core. Itulah sedikit penjelasan yang bisa menjadi rujukan ketika anda akan memilih smartphone terbaru, dengan melihat perbedaan dual core dan quad core pada spesifikasi smartphone terbaru saat ini.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan dual core dan quad core. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: