Laman

Senin, 14 Desember 2015

Perbedaan Efektif dan Efisien Menurut Beberapa Ahli Ekonomi

Kebanyakan dari kita menyadari bahwa makna efektif dan efisien itu sama, padahal dalam ilmu ekonomi dua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Perbedaan efektif dan efisien tersebut akan di bahas dalam artikel ini. Sehingga kita tidak salah mengartikan lagi dua kata yang memang hampir sama namun memiliki makna yang berbeda. Apabila telah mengetahui makna kata tersebut maka kita bisa mengatur manajemen waktu kita supaya semua kegiatan berjalan dengan baik dan semua tujuan bisa tercapai tepat pada waktunya.

Definisi kata efektif menurut beberapa ahli ekonomi :
  • Efektif merupakan suatu pencapaian target atau tujuan dalam waktu batas yang sudah ditentukan tanpa harus memperdulikan semua biaya yang sudah dikeluarkan.
  • Efektif merupakan sesuatu hal dianggap bisa berhasil dan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan.
  • Efektif merupakan sesuatu hal yang bisa mencapai hasil akhir sesuai dengan waktu yang di inginkan seseorang.
  • Efektif yakni suatu perbandingan antara input dengan output di dalam beragam aktifitas suatu kegiatan hingga dengan pencapaian suatu tujuan tertentu bisa dipenuhi dari beberapa banyaknya kualitas dan kuantitas hasil kerja serta batas waktu yang sudah ditetapkan.
  • Efektif merupakan suatu kemampuan menghasilkan hasil sesuai dengan keinginan karena sesuatu yang efektif maka bisa memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.
Sedangkan definisi efisien menurut beberapa ahli ekonomi yakni :
  • Efisien merupakan suatu pencapaian tujuan atau target dengan menggunakan biaya (input) dalam jumlah yang sama demi menghasilkan hasil (output) lebih besar.
  • Efisien merupakan suatu usaha yang paling tepat demi menghasilkan semua sesuatu yang dikehendaki.
  • Efisien merupakan suatu aktifitas meminimalkan pemborosan atau kerugian sumber daya untuk melaksanakan atau menghasilkan sesuatu.
  • Efisien merupakan sejauh mana tenaga, waktu dan usaha yang digunakan demi untuk melakukan sesuatu kegiatan.
  • Efisien merupakan kemampuan dalam bekerja maksimal untuk memberikan hasil yang baik dengan menggunakan sedikit waktu, uang atau hal lainnya secara efektif.
  • Efisien merupakan kemampuan dalam melakukan suatu kegiatan untuk memberikan hasil yang memuaskan tetapi tidak memboroskan waktu, energy maupun uang.
Nah, itulah pengertian perbedaan efektif dan efisien menurut beberapa pakar ekonomi yang bisa kita ketahui. Dengan memahami hal tersebut maka kita bisa mengatur waktu dengan baik supaya tujuan yang kita rencanakan bisa tercapai tepat waktu tanpa harus menghabiskan waktu, energi dan pikiran. Contohnya saja Steven Covey dalam manajemen waktu pribadinya yakni diawali dari tingkat yang termudah hingga target jangka panjang. Dengan begitu semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tidak akan menjadi beban hidup dan kita tetap bisa melakukan dengan maksimal.

Dengan perbedaan efektif dan efisien yang telah dituliskan di atas, diharapkan kita lebih pandai dalam memanajemen waktu kita. Karena salah satu ciri-ciri orang sukses yaitu pandai dalam memanajemen waktu dengan efektif dan efisien. Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan efektif dan efisien. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: