Laman

Senin, 14 Desember 2015

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Secara Keilmuan

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro - Mempelajari ilmu ekonomi saat ini harus memahami terlebih dulu perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro, sebab kedua unsure ekonomi itu adalah unsur penting dalam gerak perekonomian. Sebab dalam disiplin ilmu ekonomi keduanya terpisah namun tetap saling berkaitan. Kedua unsure ekonomi makro dan mikro adalah pembentuk hukum ekonomi yang sering berhubungan dengan sebab-akibat dalam pertumbuhan ekonomi seperti saat ini. Untuk mempersingkat waktu dan membahas yang lebih lengkap, kami akan memberikan gambaran seperti apa ekonomi makro dan bagaimana sebenarnya ekonomi mikro sehingga bisa membedakannya yang bertujuan memperdalam ilmu ekonomi khususnya bagi Anda calon ekonomi muda.

Seputar ekonomi makro
Ekonomi makro bisa di ambil pengertiannya bahwa semua bentuk kegiatan ekonomi dengan tujuan dan maksud tertentu itu yang disebut ekonomi makro. Dengan demikian, kita bisa mengetahui dalam ilmu ekonomi bahwa semua kegiatan ekonomi yang sifatnya menyeluruh adalah ekonomi makro, ilmu ekonomi makro ini yang menghasilkan cabang-cabang ilmu ekonomi lainnya. Ekonomi yang meliputi pasar, hukum, perusahaan, perseorangan yang bertujuan untuk motif ekonomi. Secara garis besar ilmu ekonomi makro menganalisa beberapa hal seperti pendapatan negara, inflasi, nilai tukar mata uang, neraca pembangunan, suku bunga dan sebagainya. Dengan kata lain bahwa ekonomi makro lebih fokus pada kegiatan ekonomi secara detail dan spesifik pada masing-masing bidangnya. Semua aspek ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi mikro baik secara langsung atau tidak langsung.

Seputar ekonomi mikro
Mengetahui perbedaan ekonomi mikro dan makro memang harus mengetahui semua unsur ekonomi mikro dan makro. Setelah mengetahui apa sesungguhnya ekonomi makro seperti yang sudah dijelaskan diatas, selanjutnya Anda harus mengetahui apa sesungguhnya ekonomi mikro. Jika dilihat dari bahasa cukup jelas bahwa mikro adalah kecil, berarti ekonomi mikro merupakan kegiatan ekonomi dalam lingkup kecil. Sedangkan secara disiplin keilmuan, ekonomi mikro adalah semua aktifitas perekonomian yang bersifat sempit dan individual. Dalam ilmu mikro ini yang dikaji diantaranya yaitu harga pasar, permintaan dan penawaran, produksi, laba dan rugi. Pelaku ekonomi yang bersifat individu ini sangat bergantung dari perkembangan ekonomi yang bersifat makro.

Berdasarkan kedua pengertian di atas kita bisa semakin mudah dalam mencari perbedaan ilmu ekonomi mikro dan makro berdasarkan karakter, tujuan dan lingkupnya. Bukti bahwa kedua unsur ini saling berkaitan adalah ketika ada inflasi dan kenaikan harga, maka akan beresiko pada jutaan individu sebagai imbas dari perubahan tersebut . Sedangkan perbedaannya yang paling jelas pada kajian dan ruang lingkupnya. Contohnya ekonomi mikro lebih cenderung kepada cara bagaimana bisa memanfaatkan sumber daya guna memenuhi kebutuhan ekonomi, sedangkan makro bersifat menyeluruh meliputi kehidupan ekonomi negara.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro, semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam ilmu ekonomi terutama bagi Anda yang sedang mempelajari dan mendalami ilmu ekonomi. Terima kasih.

Share this: