Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Umum Dalam Ilmu Komputer

Perbedaan Hacker Dan Cracker - Pada kesempatan berikut akan dibahas mengenai perbedaan hacker dan cracker. Perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer ini memang harus kita ketahui sehingga kita tidak salah dalam mengartikan keduanya. Dalam keseharian kita, seringkali orang salah dalam mengertikan istilah hacker dan cracker ini. Padahal seorang hacker yang sering disebut-sebut sebagai penjahat cyber ini terkadang justru membantu sebuah sistem di internet dan menyelamatkannya. Sehingga sebutan hacker belum pasti bisa disebut sebagai penjahat.

Sebelum menyimpulkan, sebaiknya kita mengenal terlebih dulu apa yang disebut hacker dan cracker itu. Hacker yang sering disebut sebagai penjahat ini yaitu orang atau sekelompok orang yang bekerja untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam komputer, namun lalu memberikan gagasan baru sehingga sistem tersebut akan aman terhadap segala gangguan dari luar.

Sedangkan Cracker merupakan orang yang melakukan pekerjaan untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam internet kemudian ia menggunakannya untuk kepentingannya sendiri dengan mencuri data, menghapus data, merusak data dan hal lain yang merugikan. Setelah kita ketahui apa yang disebut dengan hacker dan apa yang disebut dengan cracker, maka kita bisa menyimpulkan perbedaan dari keduanya yaitu sebagai berikut :

1. Kerja hacker yang menyusup dalam suatu situs dari internet ini disertai dengan kemampuan menganalisa situs tersebut sehingga tidak membuat situs menjadi rusak. Kebanyakan dari mereka bekerja untuk menguji suatu sistem apakah berjalan dengan baik dan mereka akan memberitahukan kelemahan sistem tersebut dan bahkan memberinya solusi. Sedangkan cracker bekerja dengan membuat suatu program sehingga situs yang ia masuki akan rusak karenanya dan tujuannya yaitu untuk kepentingannya pribadi. Sebagai contoh yaitu pada pencurian kartu kredit, pembobolan rekening pada Bank, virus dan juga pencurian password e-mail dan sebagainya.

2. Perbedaan hacker dan cracker selanjutnya yaitu bahwa seorang hacker ini memiliki ide kreatif yang justru bisa sangat bermanfaat untuk suatu situs atau perusahaan. Dan program yang dirancangnya ini bisa berguna untuk siapa saja, sehingga tidak bersifat merusak. Namun seorang cracker akan membuat suatu ide yang bagus tetapi merugikan pihak lain dan menguntungkan baginya, seperti pada kasus carding atau pembobolan kartu kredit yang sering terjadi saat ini.

3. Hacker yang memiliki banyak ide dan ilmu yang kreatif ini selalu rela berbagai dengan siapapun yang membutuhkan ilmu tersebut, dan ia juga selalu memperdalam dan memperbanyak ilmunya tentang sistem operasi sehingga ia selalu selangkah lebih di depan dari para pemegang perusahaan atau pemilik situs. Namun para cracker selalu bersembunyi dan pelit dalam berbagi ilmu, dan ia memiliki channel dalam IRC yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. Cracker juga memiliki IP address yang sangat sulit di lacak.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.