Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Perbedaan Hewan Dan Tumbuhan Secara Umum Dari Berbagai Aspek

Perbedaan Hewan Dan Tumbuhan - Pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai perbedaan hewan dan tumbuhan. Perbedaan hewan dan tumbuhan secara fisik sangat jelas untuk didefinisikan. Akan tetapi, ada perbedaan lain yang tidak bisa kita lihat dengan baik jika hanya menggunakan mata. Walaupun mereka sama-sama makhluk hidup yang melakukan aktivitas makan, bergerak dan juga tumbuh, namun perbedaan ini bisa terlihat jelas.

Berikut perbedaan hewan dan tumbuhan dari berbagai aspek, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Cara makan
Dilihat dari cara hewan mendapatkan makanan, maka hewan termasuk makhluk yang heterotrof, sedangkan tumbuhan memiliki sifat autotrof dan heterotrof.

Pigmentasi
Hewan memiliki warna kulit yang berwarna-warni namun tidak memiliki warna kulit seperti hijau daun yang mengandung klorofil. Namun pada tumbuhan, hampir semuanya mengandung klorofil.

Susunan tubuh
Selain memiliki anggota tubuh yang lengkap dan memiliki susunan tubuh yang tetap, rata-rata hewan tidak berubah pada bagian organ tubuhnya. Sedangkan pada tumbuhan hidupnya menetap dan tidak bisa dipindahkan, tetapi memiliki organ tubuh yang selalu berganti-ganti.

Reaksi terhadap rangsangan
Perbedaan hewan dan tumbuhan yang lain terdapat pada reaksi keduanya terhadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan sama-sama bisa menerima reaksi rangsangan, namun demikian dalam hadapi rangsangan tersebut memiliki sifat sensitivitas yang berbeda-beda. Karena pada hewan memiliki sistem saraf, maka hewan lebih sensitif daripada tumbuhan karena tumbuhan tidak memiliki sistem saraf.

Pertumbuhan
Pertumbuhan hewan terjadi secara tertutup dan pertumbuhannya terbatas. Sedangkan pada tumbuhan pertumbuhan yang terjadi pada ukuran dan bentuk bisa di pengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar. Selain itu, bentuk dari tumbuhan mudah berubah.

Komposisi cairan tubuh
Cairan tubuh pada hewan sangat banyak dengan kandungan garam yang tinggi, sedangkan pada tumbuhan cairan yang ada hanya sedikit sekali kandungan garamnya.

Dari susunan sel
Susunan sel pada hewan tidak memiliki dinding sel tidak memiliki vakuola, namun pada tumbuhan memiliki dinding sel-sel yang ada pada selnya. Selain itu tumbuhan juga memiliki vakuola besar.

Banyaknya perbedaan ini tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Sehingga kita akan menjadi sadar betapa maha besar kuasa Tuhan yang sudah menciptakan alam semesta beserta isinya. Pengetahuan ini dulu sudah kita dapatkan di bangku sekolah. Walaupun bukan hal baru, namun kita selalu takjub untuk melihat bahwa tumbuhan yang hanya menetap pada satu tempat ini dapat melakukan pergerakan dan bertumbuh kembang dengan baik walaupun tidak memiliki anggota tubuh lengkap seperti hewan.

Dalam pertumbuhannya, tumbuhan juga selalu menghadap pada arah datangnya matahari. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan juga membutuhkan bantuan matahari untuk membantu proses fotosintesis. Namun hewan tidak perlu melakukannya walaupun sebenarnya sinar matahari ini juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan pada hewan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan hewan dan tumbuhan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: