Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Perbedaan Hub dan Switch Pada Perangkat Jaringan Komputer

Perbedaan Hub dan Switch - Pada kesempatan berikut akan dibahas mengenai perbedaan hub dan switch. Perbedaan Hub dan Switch mungkin sering Anda dengar, atau jika Anda yaitu orang informatika, maka hal ini bukan sebuah hal yang baru tentunya. Hub, Switch dan ruter menghubungkan beberapa peralatan komputer seperti sprinter, komputer dan peralatan lainnya ketiganya bekerja namun pekerjaan ketiganya berbeda satu sama lain tetapi tujuannya tidak sama. Nah, mungkin ada beberapa di antara Anda yang mulai bingung. Agar tidak bingung sebaiknya kita mengenal dulu masing-masing istilah ini.

Hub dan juga Switch keduanya yaitu alat jaringan komputer yang digunakan untuk central atau pusat, yang berperan untuk membagi koneksi yang terhubung dengan port agar komputer yang satu dengan komputer yang lain bisa terhubung. Adapun jumlah port workstation yang bisa saling terhubung sangat tergantung pada jumlah port yang ada pada Hub dan Switch.

Jika didefinisikan secara singkat Switch ini adalah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi paket data yang terjadi antar komputer dalam jaringan dan bisa mengenali topologi jaringan di lebih dari satu layer sehingga paket data bisa sampai ke tujuan secara langsung. Sedangkan pengertian Hub ini yaitu perangkat jaringan sederhana. Adapun perbedaannya diantaranya :
  1. Suatu Hub memiliki satu pengontrol transmisi data dalam kabel jaringan LAN yang bertujuan agar tidak terjadi tabrakan data dan ini sering di sebut dengan collision control dan pada Hub hanya memiliki satu untuk mengontrol semua port, sedangkan Switch terdapat collision control pada setiap portnya.
  2. Apabila jumlah port yang disediakan pada Hub semakin besar, maka proses transmisi yang terjadi akan semakin lambat. Namun pada Switch, jumlah port tidak mempengaruhi collision control karena terdapat collision control pada setiap port.
  3. Perbedaan Hub dan Switch yang lain yakni pada Hub, hanya memiliki port 4 hingga 12 saja, namun pada Switch bisa memiliki lebih banyak port.
  4. Kecepatan transfer data yang terjadi antara Hub dan Switch lebih cepat pada yang terjadi pada Switch.
  5. Apabila dibandingkan dengan keamanan yang terjadi pada port atau Switch maka lebih ketat pada Switch daripada Hub.
  6. Antara Switch dan Hub ini lebih mahal Switch dan Hub lebih murah.
  7. Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama, akan tetapi keduanya bekerja pada OSI Layer yang berbeda. Pekerjaan Hub pada OSI Layer pertama, atau pada lapisan fisik sedangkan Switch bekerja pada lapisan kedua OSI Layer yakni data link.
  8. Dalam proses pengaturan, keberadaan Hub tidak bisa di setting. Namun Switch bisa melakukan pemblokiran, atau menyaring komputer yang boleh atau tidak boleh tersambung dengan dirinya, dengan menggunakan manageable.
Sekian yang bisa disampaikan mengenai perbedaan Hub dan Switch. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: