Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Perbedaan Iklim dan Cuaca Agar Tidak Salah Kaprah

Perbedaan Iklim dan Cuaca - Akhir-akhir ini kita tengah dibingungkan dengan iklim yang tidak menentu, dengan perubahan cuaca yang terkadang panas lalu hujan tiba-tiba. Perubahan iklim tersebut membuat kita bisa terserang penyakit apabila kondisi tubuh sedang tidak fit. Namun terkadang kita sering salah dalam mengucapkan iklim dan cuaca dengan benar. Perbedaan dari iklim dan cuaca tidak memiliki perbedaan terlalu mencolok. Hanya terkadang kita sering menyalah artikan arti keduanya. Melalui artikel kami kali ini, kami akan memberikan perbedaan antara iklim dan cuaca sehingga kita akan lebih memahami arti dan pengertian dari kedua hal yang berkaitan tersebut.

Iklim dan cuaca adalah satu keterkaitan satu sama lainnya, akan tetapi keduanya juga memiliki perbedaan yang harus kita ketahui agar tidak terjadi salah kaprah dalam mengartikan keduanya. Berikut akan kami berikan beberapa perbedaan antara cuaca dan iklim, diantaranya yaitu :

Perbedaan antara cuaca dan iklim berdasarkan pengertian keduanya
Pertama sekali kita akan membahas perbedaan antara iklim dan cuaca berdasarkan pengertian. Iklim memiliki pengertian suatu peristiwa cuaca yang terdapat pada suatu daerah dengan cakupan wilayah yang lebih luas, hal itu termasuk ke dalam perubahan secara musiman dengan variasinya dalam waktu yang lama. Contoh dari iklim yaitu suhu dingin pada dataran tinggi atau salju yang turun ketika musim dingin. Sedangkan cuaca memiliki pengertian suatu peristiwa dari gejala alam yang memiliki perubahan waktu yang relatif singkat. Misalnya yaitu hujan yang singkat, panas yang cukup terik, mendung kelabu dan lain sebagainya.

Perbedaan antara cuaca dan iklim berdasarkan cakupan wilayah
Untuk cakupan wilayah, antara cuaca dan iklim memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jika iklim memiliki cakupan wilayah yang luas, berbanding terbalik dengan cuaca yang memiliki cakupan wilayah yang lebih sempit dan hanya pada daerah tertentu. Misalnya apabila pada daerah A terjadi hujan, maka belum tentu daerah B yang memiliki jarak yang dekat bisa terjadi turun hujan.

Dari perbedaan iklim dan cuaca pada penjelasan di atas, ternyata antara iklim dan cuaca juga memiliki persamaan. Persamaan tersebut antara lain karena antara iklim dan cuaca sama-sama dilihat berdasarkan dari perubahan suhu, perubahan tekanan udara, adanya radiasi, perubahan kelembaban udara, arah angin, intensitas cahaya matahari dan lain sebagainya. Dengan memahami persamaan dan perbedaan antara iklim dan cuaca, kita bisa lebih memahami mengenai kedua hal tersebut.

Itulah beberapa perbedaan iklim dan cuaca, sehingga dengan mengetahui perbedaan keduanya tidak akan lagi terjadi salah kaprah dan kekeliruan dalam penyebutan keduanya. Perubahan iklim dunia yang tengah memasuki masa pancaroba sebaiknya diiringi dengan kualitas kesehatan yang lebih baik, dengan sering mengonsumsi makanan bergizi untuk tubuh yang jauh lebih fit.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan iklim dan cuaca. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: