Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Dalam Berpikir

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan - Terkadang kita sering membaca atau mendengar mengenai ilmu pengetahuan. Namun tahukah kita, bahwa antara ilmu dan pengetahuan tersebut memiliki perbedaan. Ya, ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan baik dari segi arti atau dari makna kata. Perbedaan dari ilmu dan pengetahuan tersebut tidak mempengaruhi arti dan fungsi dari keduanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terhadap manusia. Dengan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, kita sebagai manusia lebih bisa mengembangkan diri untuk maju dan berkreasi sehingga menjadi manusia yang lebih bijak meskipun hidup di dalam zaman yang semakin modern seperti sekarang.

Antara ilmu dan pengetahuan sama-sama memiliki persamaan mempelajari sesuatu. Namun, ada perbedaan yang mendasar antara ilmu dan pengetahuan sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mempelajari sesuatu dengan bekal yang didapat dari perbedaan keduanya. Baiklah, berikut beberapa perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan yang bisa kita petik, diantaranya yaitu :

1. Perbedaan dari asal kata
Berdasarkan asal kata antara ilmu dan pengetahuan sama-sama berasal dari bahasa Inggris namun memiliki kata dan arti yang berbeda. Ilmu berasal dari kata science sedangkan pengetahuan berasal dari kata knowledge.

2. Dari asal kata tersebut bisa disimpulkan bahwa ilmu memiliki sistem yang sudah terarah dari suatu pengetahuan yang sudah terklasifikasi. Oleh karena itu, sebuah ilmu bisa dipertanggung jawabkan akan kebenarannya. Sedangkan pengetahuan adalah sebuah pengetahuan yang belum tersusun secara sistematis seperti layaknya ilmu, baik pengetahuan mengenai fisik maupun metafisika.

3. Pengetahuan memiliki informasi yang bersifat dan berdasarkan akan akal sehat atau commonsense, sedangkan sebuah ilmu tahapannya lebih tinggi dari sebuah akal sehat. Karena ilmu sudah memiliki metode serta mekanisme untuk membuktikan informasi yang berdasarkan akal sehat tersebut .

4. Jika bisa menganalogikan antara ilmu dan pengetahuan, maka ilmu bisa dianalogikan dengan sebuah sapu lidi yang sudah terikat dan tersusun rapi dengan potongan yang seragam. Walau demikian, pengetahuan jika dianalogikan masih berupa sapu lidi yang belum jadi. Masih berupa lidi yang belum di proses, belum disusun dan dirapikan serta masih berserakan, sehingga diperlukan sebuah metode untuk merangkumnya menjadi sebuah kesatuan sapu lidi yang apik.

5. Perbedaan selanjutnya yaitu untuk ilmu karena sudah memiliki metode dalam membuktikan kebenarannya maka ilmu bersifat lebih objektif, berbanding terbalik dengan pengetahuan yang bersifat subjektif karena masih berdasarkan dari akal sehat manusia.

Meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, akan tetapi keberadaan keduanya tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Sehingga ilmu dan pengetahuan akan menjadi satu kesatuan demi sebuah kemajuan berpikir manusia.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai perbedaan ilmu dan pengetahuan dalam berpikir yang perlu Anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.