Laman

Jumat, 11 Desember 2015

Perbedaan Katak dan Kodok Secara Ilmiah

Perbedaan Katak dan Kodok - Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa perbedaan katak dan kodok? Sebagian besar orang akan berpendapat bahwa katak dan kodok adalah hewan yang sama. Oleh karena itu apabila muncul pertanyaan mengenai apa perbedaan dari katak dan kodok, maka sulit untuk menjawabnya. Bahkan banyak orang yang menggunakan kedua nama hewan tersebut sebagai sinonim yang saling menggantikan. Sebenarnya, katak dan kodok adalah hewan yang berbeda. Kedua hewan ini bukan hanya memiliki perbedaan pada nama yang diberikan saja, akan tetapi juga memiliki banyak perbedaan lainnya.

Secara awam, perbedaan katak dan kodok ini memang tidak bisa dideskripsikan dengan baik. Namun secara ilmiah, Anda bisa mengetahui perbedaan antara katak dan kodok dengan baik. Bahkan dalam bahasa Inggris, keduanya memiliki nama yang berbeda juga. Bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga pada bahasa Inggris. Hal ini setidaknya sudah membuktikan bahwa katak dan kodok adalah hewan yang berbeda. Katak di kenal sebagai toad sedangkan kodok di kenal sebagai frog. Untuk lebih detilnya, silahkan simak penjelasan mengenai perbedaan antara katak dan kodok berikut ini. Jika dilihat secara sepintas, katak dan kodok memang memiliki bentuk yang hampir sama. Namun untuk membedakan keduanya, Anda bisa membedakannya melalui beberapa ciri.

Berikut beberapa ciri-ciri perbedaan katak dan kodok :

Kulit
Dilihat dari kulitnya, katak memiliki kulit yang halus, berlendir dan terasa lembab. Sedangkan kulit kodok akan terasa kasar, berbintil-bintil dan juga terasa kering.

Tungkai
Katak memiliki tungkai yang kuat, bukan hanya itu jika di perhatikan maka tungkai katak akan terlihat lebih panjang dan juga berselaput. Sedangkan untuk kodok, tungkai bagian belakang pendek dan hewan ini tidak pandai melompat.

Jari
Perbedaan lainnya bisa juga Anda lihat pada jari-jari kedua hewan ini. Katak memiliki ujung jari yang berbentuk bulat kecil, digunakan untuk menempel di pohon. Sedangkan kodok memiliki jari yang menyerupai seperti cakar, digunakan untuk menggali.

Habitat
Perbedaan katak dan kodok lainnya bisa juga dilihat dari habitatnya. Habitat katak yakni di pohon, sungai, danau, rawa, sawah dan sebagainya. Sedangkan habitat kodok diantaranya di pematang sungai, sekitar rumah dan di kayu lapuk.

Bentuk tubuh
Katak memiliki bentuk tubuh yang terlihat ramping, meskipun ada juga yang tidak. Namun untuk kodok, hampir semua spesies kodok memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan pendek.

Nilai ekonomis
Hingga saat ini katak masih menjadi hewan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Katak bisa dijadikan sebagai bahan makanan, tidak untuk kodok.

Indonesia di kenal sebagai pengekspor paha katak yang terbesar di seluruh dunia. Paha katak memiliki rasa yang enak seperti paha ayam. Paha katak ini bukan hanya diekspor ke luar negeri tetapi juga banyak dijadikan bahan makanan di Indonesia.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan katak dan kodok secara ilmiah. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: