Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Diketahui

Perbedaan Laptop dan Notebook - Pada masa sekarang pengguna laptop dan notebook semakin banyak. Tahukah Anda akan perbedaan laptop dan notebook. Pada prinsipnya antara laptop dan notebook sama-sama berperan sebagai komputer yang mudah dibawa dan fleksibel. Akan tetapi antara laptop dan juga notebook ini memiliki karakteristik tersendiri. Memang dalam pembuatan laptop dan juga notebook memiliki perbedaan. Untuk Anda yang ingin mengetahui perbedaannya langsung saja bisa Anda simak penjelasannya berikut ini.
Pertama merupakan uraian mengenai laptop. Laptop merupakan suatu komputer portable dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Rata-rata ukuran layar laptop ini di atas 13” dengan demikian fungsi dari laptop ini tidak jauh dari jenis komputer duduk. Pada laptop juga lebih memiliki perlengkapan yang lebih lengkap. Salah satunya adalah keberadaan DVD room yang bisa digunakan untuk mentransfer multimedia yang ada pada DVD. Komputer laptop juga lebih tangguh dan lebih tahan dalam penggunaan berbagai multimedia dan aplikasi yang dijalankan di laptop seperti game HD dengan ukuran file yang berat.

Akan tetapi, di balik keunggulannya laptop juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan dari laptop merupakan ukuran laptop yang lebih berat dari jenis komputer portable lainnya. Berat laptop berada di kisaran 4-5 kg sehingga dalam membawanya cukup menguras energi. Selain itu karena konsumsi daya dari laptop yang biasanya digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi multimedia akan membuat baterai lebih boros. Baterai laptop juga lebih di kenal cepat hangus dan rusak sehingga terkadang dalam penggunaannya harus selalu tersalur dengan listrik.

Selanjutnya yaitu notebook. Sama dengan laptop notebook juga masuk dalam jenis komputer portable. Sesuai dengan namanya yang berarti buku catatan, maka komputer ini di buat menjadi lebih sederhana. Notebook memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu antara 9, 5 sampai 11 inchi. Dengan berat lebih ringan juga membuat notebook lebih mudah untuk dibawa dimanapun saja. Dengan mudahnya penggunaan notebook juga membuat jenis komputer ini sangat cocok digunakan oleh pemula dalam bidang komputer. Dengan demikian komputer ini akan tidak mengganggu mobilitas Anda karena ukurannya yang kecil dan juga lebih ringan.

Salah satu perbedaan laptop dan notebook juga terdapat pada keterbatasan multimedia yang bisa dijalankan. Karena lebih sederhana maka sistem dan perangkat yang digunakan dalam notebook juga lebih sederhana. Selain itu dalam suatu notebook juga tidak dilengkapi dengan DVD room. Sehingga notebook akan lebih sulit dalam beragam instalasi software terlebih dalam instal windows yang menggunakan trik khusus. Karena lebih sederhana juga membuat banyak aplikasi berat yang tidak bisa dimainkan dalam notebook. Walau demikian, karena lebih ringan dan sederhana maka baterai notebook juga lebih awet. Selain itu baterai juga tidak cepat hangus dan tidak cepat berganti baterai. Untuk pemilihan antara laptop dan notebook bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan laptop dan notebook. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: