Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Perbedaan Lompat dan Loncat Dalam Olahraga

Perbedaan Lompat dan Loncat - Apabila Anda sering melihat atau melakoni salah satu kegiatan umum yang sering dilakukan oleh manusia, Anda pasti mengetahui tentang kata lompat dan kata loncat. Lompat dan loncat yaitu dua kata yang biasa dianggap sama. Antara melompat dan meloncat, kedua kata kerja tersebut terlihat sama, bahkan betul-betul dianggap sama oleh sebagian orang yang belum mengetahui perbedaannya. Kata kerja yang memiliki kata dasar lompat dan loncat tersebut sebenarnya memiliki arti yang sangat berbeda, walaupun sama-sama menerangkan seseorang yang menantang gaya gravitasi. Lalu, apa perbedaan diantara kata lompat dan loncat?

Lompat dan Loncat sesungguhnya biasa dianggap sinonim, padahal kedua istilah tersebut berbeda tergantung letak penggunaannya. Fungsi dari kedua gerakan adalah sama, yaitu mendorong tubuh ke atas dengan waktu yang cepat. Namun, gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari ini sebenarnya memang hanya beda tipis, yakni hanya pada tumpuannya. Tumpuan yang dimaksud yaitu kaki yang digunakan sebagai tolakan gaya.

Untuk Anda yang ingin belajar tentang olahraga, tentunya Anda harus mengetahui perbedaan antara melompat dan meloncat. Contohnya loncat jauh, atau lompat tinggi. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, lompat yaitu bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, lalu ke atas) dan dengan cepat menurunkannya lagi. Sedangkan loncat menurut KBBI merupakan lompat dengan kedua atau ke empat kaki saling bersama (seperti katak dan kelinci).

Dari pengertian KBBI diatas, bisa kita simpulkan bahwa perbedaan lompat dan loncat bertitik pada tumpuan ketika awal tolakan kaki. Jika lompat menggunakan satu kaki, maka loncat menggunakan kesemua kaki yang dimiliki. Sebagai contoh konkretnya untuk lompat merupakan olah raga lompat tinggi dan lompat jauh, dsb. Sedangkan olah raga dengan loncat merupakan loncat harimau, loncat galah, loncat indah, dsb. Melompat bermakna melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan salah satu kaki sebagai tumpuan, dan dampaknya yaitu gerakan ke depan seperti melangkah cepat. Sedangkan meloncat merupakan melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan semua kaki sebagai tumpuan, dan dampaknya yaitu gerakan ke atas. Hal tersebut menyebabkan gerakan melompat akan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit karena gerakannya ke depan dan hanya menggunakan satu kaki, sedangkan untuk loncat membutuhkan tenaga yang lebih besar karena melawan gaya gravitasi bumi.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan lompat dan loncat dalam olahraga. Semoga bisa bermanfaat dan diharapkan Anda bisa membedakan istilah lompat dan loncat dengan tepat. Jangan sampai Anda salah dalam mengerti makna kata lompat dan loncat, apalagi jika Anda mempelajari ilmu keolahragaan. Kesalahan tentang istilah lompat dan loncat pasti penting untuk Anda mengerti, sehingga Anda mengerti benar teknik lompat dan loncat. Terima Kasih.

Share this: