Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Perbedaan Monera dan Protista dalam Sistem Kingdom

Perbedaan Monera dan Protista - Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan monera dan protista. Perbedaan monera dan protista sangat mendasar namun terkadang banyak yang masih salah mengidentifikasi mana yang monera dan mana yang protista. Monera dan protista adalah bagian dari sistem Kingdom yang diungkapkan Whitteker. Perbedaan dari dua jenis Kingdom ini bisa dilihat dari pengertian, inti sejati yang ada di dalamnya dan ukurannya. Ada beberapa hal yang bisa membedakan antara monera dan protista sendiri. Dengan mengetahui perbedaan dari monera dan protista ini akan lebih mudah untuk mengidentifikasikan dari keduanya.

Berikut akan diberikan secara detail apa saja perbedaan monera dan protista secara detail untuk membantu dalam mengidentifikasi keduanya.

1. Perbedaan dari pengertian
Pengertian monera dan protista jelas sangat berbeda. Monera sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni moneres yang artinya tunggal, dalam sistem 5 kingdom monera digolongkan pada makhluk hidup yang memiliki sel tunggal. Sedangkan protista sendiri mikroorganisme eukariota yang tidak termasuk di dalamnya hewan, tumbuhan dan fungi. Meskipun sama-sama memiliki sel tunggal namun anggota dari monera berbeda dengan protista. Didalam monera semua makhluk hidup yang memiliki sel tunggal, sedangkan protista bukan hewan, tumbuhan atau fungi.

2. Perbedaan ukuran
Perbedaan monera dan protista bisa dilihat dari ukurannya. Ukuran dari monera lebih kecil dibandingkan dengan ukuran protista. Pada protista inti sel dikelilingi oleh membran sedangkan pada monera tidak memiliki membran sel. Hal inilah yang membuat protista dan monera memiliki ukuran yang berbeda. Membran sel yang ada pada protista membuat ukurannya lebih besar dibandingkan dengan monera yang tidak memiliki membran sel.

3. Perbedaan inti sel
Perbedaan yang mencolok pada monera dan protista merupakan inti sel yang ada di dalamnya. Pada monera tidak memiliki inti sel sejati yang terikat pada membran inti. Sedangkan pada protista memiliki inti sel sejati yang menempel pada membran intinya sendiri. Monera sendiri tidak memiliki fitur organel tambahan, berbeda dengan protista yang memiliki organel tambahan yang lebih kompleks dalam organisatoris.

4. Perbedaan pembelahan
Perbedaan antara protista dan monera yang lain yaitu dalam proses pembelahannya. Monera melakukan pembelahan dengan cara amitosis sedangkan protista melakukan pembelahan sel dengan cara mitosis. Cara pembelahan ini yaitu cara reproduksi monera dan protista, meskipun sama-sama membelah namun cara yang dilakukan sangat berbeda.

5. Cara mendapatkan makanan
Perbedaan yang terakhir yakni dalam mendapatkan makanannya. Monera sebagai mikroorganisme mampu untuk menghasilkan makanannya sendiri. Sedangkan protista harus mencari makan sendiri dan tidak bisa membuatnya sendiri seperti monera.

Monera dan protista jelas berbeda, dilihat dari pengertian, ukuran, inti sel, pembelahannya, dan bagaimana dalam mendapatkan makanan. Namun dari perbedaan ini, dalam monera dan protista memiliki persamaan juga. Persamaan pertama yakni monera dan protista sama-sama mikroorganisme yang mempunyai sel tunggal maupun multisel. Selain itu, persamaan lainnya yakni dalam anggotanya, anggota monera dan protista ada yang sama yakni ganggang. Kingdom protista pada akhirnya tidak bisa dipertahankan karena banyak alasan. Memang jika dilihat dari perbedaan monera dan protista terdapat banyak perbedaan yang menonjol namun ada juga beberapa persamaan dari keduanya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan monera dan protista. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: