Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Perbedaan Monokotil dan Dikotil Pada Tumbuhan dan Contohnya

Perbedaan Monokotil dan Dikotil - Dalam ilmu Biologi di kenal dua jenis tumbuhan berdasarkan jumlah keping bijinya yakni tumbuhan dikotil dan monokotil, ada banyak perbedaan monokotil dan dikotil yang bisa dikenali baik secara langsung maupun dari bentuk bagian dalam tumbuhan itu sendiri. Pengelompokkan tumbuhan berdasarkan keping biji yang ada di dalamnya ada dua, yakni monokotil dan dikotil ini bukan hanya memiliki perbedaan pada keping bijinya saja namun ada ciri pembeda lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanda dari keduanya. Jika dilihat dari keping bijinya, tumbuhan monokotil memiliki satu keping biji sedangkan tumbuhan jenis dikotil memiliki dua keping biji.
Untuk lebih jelas apa saja perbedaan monokotil dan dikotil simak saja penjelasan, berikut ini yang akan dijelaskan bagian apa saja yang membedakan antara dikotil dan monokotil.

1. Akar
Perbedaan yang utama dan bisa dilihat secara langsung dari tumbuhan monokotil dan dikotil yaitu bentuk akarnya. Akar tumbuhan monokotil memiliki bentuk serabut yang tersusun atas banyak akar yang kecil dan tipis. Sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk akarnya yaitu tunggang, yakni satu namun memiliki banyak cabang dan berbentuk kuat tidak mudah untuk dipatahkan.

2. Batang
Ciri pembeda lainnya dari tumbuhan monokotil dan dikotil yaitu pada batangnya. Tumbuhan dikotil memiliki batang yang memiliki kambium dan batangnya bisa bercabang-cabang menjulang tinggi dan menjulur panjang. Sedangkan pada tumbuhan monokotil batang tumbuhan tidak memiliki kambium dan tidak bercabang-cabang. Anda bisa melihat tumbuhan ada kambium atau tidak dengan membuka sedikit kulit batangnya.

3. Daun
Bentuk daun juga menjadi salah satu pembeda dari tumbuhan monokotil dan dikotil. Daun pada tumbuhan monokotil memiliki bentuk yang memanjang seperti pita dan daunnya berbentuk lebar dengan bentuk yang berbeda dan beragam macam. Sedangkan pada daun dikotil memiliki tulang daun yang sejajar maupun melengkung dengan bentuk daun yang menjari atau seperti sirip.

4. Bunga
Perbedaan monokotil dan dikotil juga bisa dilihat dari bunga yang ada pada tumbuhan. Tumbuhan jenis monokotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 maupun kelipatannya. Sedangkan pada tumbuhan jenis monokotil memiliki jumlah minimum 2 kelopak, 4 kelopak, 5 kelopak maupun kelipatan dari semuanya.

5. Berkas pengangkut
Berkas pengangkut yang ada pada tumbuhan dikotil dan monokotil sangat berbeda. Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada batang baik pembuluh tapis ataupun pembuluh kayunya. Sedangkan pada tumbuhan dikotil berkas pengangkutnya terdapat teratur dengan pembuluh kayu yang terdapat di bagian dalam pembuluh tapis.

Dengan melihat dari akar, batang, daun, bunga, dan berkas pengangkutnya Anda sudah bisa mengetahui secara jelas mana tumbuhan yang termasuk dalam monokotil dan tumbuhan yang masuk dalam dikotil. Agar lebih jelas, akan diberikan beberapa contoh dari keduanya. Tumbuhan yang termasuk dalam monokotil yaitu tumbuhan dari jenis rerumputan, palem, bunga anggrek, pohon, pisang, pandan, dan tumbuhan rempah-rempah contohnya saja jahe, kunyit, dan sejenisnya. Sedangkan tumbuhan yang termasuk dalam dikotil yaitu tumbuhan yang mengandung getah, kacang-kacangan, terung-terungan, jeruk, kapas-kapasan, dan kelompok tumbuhan yang masuk dalam jenis kopi. Dari contoh ini semakin jelas bukan, apa itu perbedaan monokotil dan dikotil?

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan monokotil dan dikotil pada tumbuhan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: