Perbedaan Notebook dan Netbook Secara Sederhana

Perbedaan Notebook dan Netbook - Hingga saat ini banyak yang tidak mengetahui apa itu perbedaan notebook dan netbook, padahal teknologi perangkat komputer ini sudah berkembang pesat dan banyak sekali penggunanya. Tingkat penjualan komputer jinjing ini juga mampu menggeser pasar penjual komputer desktop, karena komputer jinjing mudah dibawa kemana saja kita pergi. Namun karena banyaknya jenis komputer jinjing dan teknologinya semakin baru, kita sampai bingung mengartikan perangkat notebook ataupun netbook. Untuk memudahkan Anda mendapatkan informasi yang tepat seputar netbook dan notebook, pada kesempatan ini sengaja kami bahas mengenai perbedaan kedua perangkat tersebut.

Banyak orang yang masih awam dalam perangkat komputer yang sudah memiliki netbook atau notebook, sayangnya mereka memiliki hanya sebatas memakai saja. Mereka kurang memperhatikan spesifikasi dan fitur yang ada, akan tetapi lebih cenderung menggunakan untuk keperluan kerja dan hiburan. Meski sebenarnya mengetahui spesifikasi dan hardware yang ada pada komputer lipat ini juga penting, supaya Anda bisa mengidentifikasi kerusakan dan mengetahui kualitas notebook Anda. Jika sudah mengetahuinya, maka Anda bisa membedakannya, apabila Anda belum mengetahui Perbedaan notebook dan netbook, Anda bisa menyimaknya dibawah ini.

Spesifikasi
Kedua jenis komputer lipat ini sesungguhnya menurut istilah tetap sama, yakni laptop atau komputer jinjing. Hanya saja, walaupun sama tetap memiliki perbedaan karena teknologi dan spesifikasi yang tertanam dalam perangkat tersebut . Contohnya ukuran notebook memiliki dimensi ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan netbook. Layar notebook ukurannya mulai dari 13” ke atas, sedangkan layar netbook biasanya ukurannya mulai dari 6” sampai 13” itulah sedikit gambaran yang membedakannya. Spesifikasi yang digunakan pada notebook biasanya lebih tinggi dibandingkan netbook yang memang sengaja didesain untuk kelas menengah. Dengan demikian jika Anda memang mencari produk laptop yang murah dengan spesifikasi menengah cukup membeli produk netbook.

Kapasitas memory dan hardisk
Notebook merupakan generasi dan inovasi yang tercipta atas kebutuhan komputer yang lebih mobile, sehingga terciptalah komputer jinjing yang bisa dibawa kemana saja untuk menunjang kinerja Anda. Spesifikasi notebook memang lazimnya komputer desktop yang mampu menyediakan storage hardisk besar dan RAM melebihi 2 GB untuk notebook terbaru. Ruang simpan dan kecepatan memory tersebut lebih menjamin kenyamanan saat menggunakan notebook tanpa hambatan. Penggunaan processor pada notebook juga memiliki kecepatan lebih besar dengan teknologi terbaru seperti Core i3 dan sebagainya. Sedangkan pada netbook biasanya menggunakan processor menengah dan kapasitas hardisk yang sedang. Setidaknya itu yang bisa digambarkan untuk perbedaan notebook dan netbook secara sederhana.

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara kedua perangkat di atas, kami berharap Anda bisa lebih tahu tentang teknologi komputer khususnya laptop. Untuk Anda yang akan membeli notebook baru juga bisa memperhitungkan lagi apakah cukup netbook yang sudah bisa membantu kinerja Anda tanpa harus mengeluarkan biaya lebih dengan membeli notebook.

Sekian informasi mengenai perbedaan notebook dan netbook yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.