Perbedaan Novel dan Cerpen Dalam Karya Sastra

Perbedaan Novel dan Cerpen - Dalam ilmu sastra kita harus mengetahui perbedaan novel dan cerpen. Dalam pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kita sering sekali mendengar istilah cerpen dan novel. Bagi yang suka membaca, banyak juga pengagum membaca yang tertarik dengan novel ataupun cerpen. Kita mungkin sudah sedikit lupa tentang kedua karya sastra tersebut karena kurang mengikuti perkembangan dunia sastra. Meskipun sebenarnya seiring dengan perkembangan zaman, karya sastra dalam novel dan cerpen otomatis juga mengalami perkembangan. Untuk mengingat kembali tentang cerpen ataupun novel, mari kita coba bahas kembali dan mencari perbedaan dari keduanya.

Karya sastra cerpen dan novel pada dasarnya adalah sama, yakni suatu cerita baik itu cerita singkat ataupun panjang seperti dalam novel. Dari awal ini saja kita sesungguhnya sudah bisa mengetahui perbedaan novel dan cerpen, namun tidak lengkap jika kita tidak membahas kembali satu persatu pengertian dan karakteristik dari masing-masing karya sastra tersebut . Oleh karena itu, mari kita bahas satu persatu dalam uraian singkat dibawah ini :

1. Pengertian dan karakteristik novel
Novel adalah suatu cerita panjang dan memiliki unsur cerita dengan alur yang teratur dan saling berkaitan. Dalam cerita yang terdapat dalam novel terdapat perseteruan yang membuat pembacanya masuk dalam cerita sampai pada akhirnya menemukan penyelesaian. Dalam penokohan cerpen juga memiliki beberapa tokoh dengan cerita yang detail. Namun cerita yang panjang tersebut jika kita mengikuti laur akan merasakan sensasi seperti kita masuk dalam cerita tersebut . Meskipun hal itu tergantung dari pengarang novel mampu membawa pembacanya masuk dalam alur cerita atau tidak. Banyak para pengarang novel terkenal, baik luar negeri ataupun dalam negeri. Contoh novel karya luar negeri yang terkenal umpamanya yaitu sang alkemis karya Paulo Celho, untuk pengarang Indonesia umpamanya Khairil Anwar dengan berbagai judul novelnya yang melegenda.

2. Pengertian dan karakteristik cerpen
Melihat dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa cerpen adalah cerita pendek, namun meskipun cerita yang di sampaikan singkat tetap saja membutuhkan unsur penting seperti dalam novel. Unsur inilah yang bisa menyimpulkan perbedaan novel dan cerpen, unsur tersebut contohnya dalam alur cerita lebih sederhana. Tokoh yang diceritakan dikira penting serta tidak mengalami perubahan penokohan. Dalam menceritakan penokohan juga tidak detail karena harus di sampaikan dengan singkat namun mudah dipahami. Disinilah tingkat kesulitan dalam membuat cerpen, dimana pengarangnya harus mampu mendeskripsikan cerita yang singkat namun meliputi waktu yang bisa saja panjang.

Kesimpulan dari perbedaan ini merupakan unsur yang ada dalam kedua cerita tersebut, umpamanya dalam cerpen menggunakan penokohan sedikit untuk menyingkat cerita. Sedangkan pada novel dengan penokohan yang detail mampu menjadi suatu cerita panjang dalam novel. Novel mampu mendatangkan cerita yang kompleks dengan alur cerita yang panjang, sedangkan cerpen lebih sederhana dan memiliki keterbatasan waktu alur cerita.

Sekian informasi mengenai perbedaan novel dan cerpen. Semoga bisa mengingatkan kembali tentang karya sastra yang pernah kita pelajari sebelumnya dan bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.