Laman

Rabu, 09 Desember 2015

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Sebuah Laporan

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif - Pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif biasanya bisa kita temui pada laporan-laporan penyusunan skripsi. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan untuk mendapatkan data atau kebenaran pada suatu laporan. Sehingga suatu laporan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan memiliki isi sesuai dengan kenyataan yang ada. Selain dari itu, kita bisa juga mendapatkan solusi yang bagus dan tepat tujuan setelah melakukan penelitian dengan benar.

Di dalam dunia pendidikan, kita tidak bisa mereka-reka apa saja mengenai kebenaran suatu ilmu dan pengetahuan, sehingga penelitian selalu dilakukan dan diusahakan. Sehingga peserta didik tidak merasa ragu dan kesalahan serta kesimpangsiuran bisa ditekan seminimal mungkin. Ketika dilakukan suatu penelitian, maka akan terjadi hubungan empirik dengan teori yang sudah ada.

Adapun pengertian dari penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengungkap gejala holistik-kontekstual dengan cara mengumpulkan data dari tempat yang alami, dan yang bertindak sebagai instrumen kunci merupakan peneliti sendiri. Dalam penggunaannya penelitian kuantitatif ini bersifat deskriptif dan biasanya dilakukan dengan menggunakan pengamatan pendekatan induktif. Sedangkan hal yang paling ditonjolkan dalam penelitian ini yakni proses dan makna. Biasanya susunan di buat berbentuk cerita dan tulisan tersebut memiliki sifat kreatif, detil, natural, dan otentik. Penelitian kuantitatif selalu mengutamakan pada pengukuran dan juga mengkaji hubungan sebab-akibat yang terjadi pada beragam macam variabel.

Sedangkan hubungan kualitatif merupakan suatu penelitian yang biasanya menggunakan pendekatan deduktif induktif. Pendekatan bisa dilakukan dari kerangka teori, ide yang diperoleh dari para pakar atau dapat pula diangkat dari pengalaman peneliti sendiri. Lalu pengalamannya ini di kembangkan menjadi beberapa permasalahan beserta jalan solusinya. Kemudian, permasalahan serta jawabannya ini diserahkan dengan tujuan akan memperoleh verifikasi atau pembenaran yang diperoleh berbentuk data empiris pada laporan.

Sedangkan penekanan penelitian kualitatif ini terjadi pada proses yang dilakukan dan arti yang belum diukur atau tidak dikaji ketat. Pada prosesnya biasanya akan terjadi hubungan yang erat antara peneliti dan pihak yang di teliti, kondisi yang terbentuk akan membuatnya suatu situasi penyelidikan, muncul pengalaman sosial dan maknanya.

Sedangkan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif diantaranya :

1. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan mengambil jarak antara peneliti dengan obyek yang sendang di teliti. Sedangkan penelitian kualitatif dilakukan dengan terjadinya penyatuan situasi dan fenomena yang di teliti dengan peneliti.

2. Penelitian kuantitatif melihat kenyataan sebagai tunggal, teramati dan konkret. Namun kualitatif melihat kenyataan ganda atau majemuk.

3. Peneliti kuantitatif tidak terikat dengan ikatan konteks dan waktu, sedangkan pendekatan kualitatif terikat dengan konteks dan waktu.

4. Pendekatan kuantitatif melihat secara obyektif tentang segala sesuatu, bebas nilai serta berbentuk apa adanya. Akan tetapi pendekatan kualitatif tidak pernah melihat semua sesuatu bebas nilai, karena bagi tidak ada yang bebas nilai bagi pendekatan kualitatif dan ini juga termasuk pada peneliti yang subyektif.

Sekian informasi mengenai perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: