Perbedaan Quad Core dan Dual Core Dalam Komputer

Perbedaan Quad Core dan Dual Core - Saat ini ada dua jenis processor komputer yang sangat diminati yaitu quad core dan dual core. Seperti apakah perbedaan quad core dan dual core dalam processor komputer tersebut . Sebelum membahas perbedaannya sebaiknya kita ulas tentang apakah itu processor terlebih dulu. Processor merupakan suatu inti dari komputer yang berperan sebagai otak. Semua kerja yang dilakukan melalui komputer akan diproses terlebih dulu dalam processor baru bisa ditampilkan pada suatu layar. Processor sendiri terdapat beberapa jenis mulai dari single, dual, hingga octa core.
perbedaan quad core dengan dual core,beda dual core dan quad core,
Baca Juga : Perbedaan RAM dan ROM

Mungkin Anda belum mengetahui untuk apa istilah core yang ada pada suatu processor. Dalam suatu processor ini dapat memiliki inti yang memiliki pekerjaan terutama dalam pemrosesan komputer. Otomatis core merupakan otak utama dalam processor. Dengan jumlah core yang semakin banyak maka kinerja komputer akan semakin baik. Oleh karena itu, processor sekarang menggunakan istilah dual core dan seterusnya yang dijadikan sebagai pemberi tanda jumlah inti yang ada pada processor tersebut . Jika Anda sudah mengetahui mengenai apakah itu core mungkin sekarang Anda sudah bisa membedakan apakah itu core dan juga jumlahnya.

Perbedaan quad core dan dual core tersebut sudah jelas yaitu terdapat pada jumlah inti dari processor. Apabila pada processor dual core menggunakan dua inti processor. Sedangkan untuk processor quad core menggunakan empat inti processor. Karena dengan menggunakan jumlah inti processor yang semakin banyak pastinya tingkat kinerja processor quad core akan lebih baik. Dengan semakin banyak jumlah inti processor atau core maka kerja operasi dalam komputer bisa dibagi semakin banyak sehingga kinerja komputer menjadi lebih ringan. Walau demikian, dengan processor dual core juga sudah cukup baik karena kerja komputer akan dibagi dalam dua inti processor.

Kecepatan operasi processor quad core juga lebih baik dari processor dual core. Kecepatan ini berperan untuk mengetahui tingkat kinerja komputer. Jika kecepatan processor semakin baik maka baik juga kinerjanya. Oleh karena itu, sekarang semakin berkembang processor yang memiliki kecepatan tinggi dan jumlah core yang baik. Kecepatan untuk processor quad core dari salah satu produsen processor terkenal yaitu 2.6 GHz untuk setiap corenya. Dengan demikian apabila dijumlahkan maka kecepatan processor tersebut yaitu sekitar 10 GHz. Sedangkan untuk dual core ada sekitar 2.9 GHz atau jumlah semuanya yaitu 5.4 GHz untuk satu buah processor dual core.

Perbedaan quad core dan dual core yang utama sesungguhnya ada pada jumlah core yang digunakan pada setiap processor. Dengan jumlah processor yang semakin banyak maka kinerja komputer akan lebih ringan. Selain itu, semakin banyak komputer maka kecepatan transfer juga semakin baik dengan demikian akan banyak game berat yang bisa dimainkan. Pemakaian core pada suatu processor sangat penting karena dalam core atau inti processor inilah suatu proses operasi dilakukan sehingga bisa ditampilkan pada suatu layar.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai perbedaan quad core dan dual core semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.