Perbedaan SLR dan DSLR Dari Segi Sistem

Perbedaan SLR dan DSLR - Bagi pecinta fotografi tentu sudah akrab dengan namanya kamera DSLR dan SLR. Perbedaan SLR dan DSLR yaitu terdapat pada sistem kerja kedua kamera tersebut. Kedua kamera tersebut memang sering digunakan untuk melakukan sesi pemotretan. Kendati perbedaannya hanya terdapat pada sistem kerja akan tetapi fungsi utama kedua kamera tersebut sama yakni untuk menghasilkan suatu gambar dari obyek yang sudah dipotret dengan pencahayaan yang terang dan tajam.
Dalam dunia fotografi yang di kenal sejauh ini memang hanya kamera SLR dan kamera DSLR. Kedua kamera ini menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma ataupun pentamirror untuk melanjutkan sinar. Kamera SLR ataupun DSLR sudah banyak dimiliki kebanyakan orang dan bukan sekedar kalangan penggemar fotografi saja namun telah mencakup wilayah umum. Biasanya, orang memiliki kamera ini hanya untuk mengabadikan momen istimewa. Saat ini yang banyak diminati yaitu kamera DSLR, dan tidak semua orang mengetahui perbedaan kamera DSLR dan kamera SLR. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan kamera ini, sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini.

Meskipun pada intinya fungsinya sama namun juga terdapat perbedaan antara kamera SLR dan DSLR. Nah apa saja perbedaan SLR dan DSLR, mari kita simak berikut ini :

Kamera SLR
Kamera SLR adalah singkatan dari singlet lens reflez atau yang bermakna hanya menggunakan lensa tunggal. Pada SLR cahaya yang disalurkan oleh satu lensa ke dua tempat yakni focal plane dan view binder. Sehingga dengan menggunakan sistem itu, maka jepretan photo yang dihasilkan pada layar akan sama persis dengan obyek yang difoto. Dengan demikian seorang fotografer bisa memastikan pengambilan gambarnya sudah sesuai atau belum. Pada kamera SLR, obyek jepretan photo akan disimpan padan gulungan film karena sistem kamera ini menggunakan sistem elektronik sederhana. Sehingga untuk melihat fotonya harus dicuci dan dicetak.

Kamera DSLR
Kamera DSLR adalah singkatan dari digital lens refleks. Jika menggunakan kamera ini, untuk memperoleh hasil yang bagus harus memusatkan titik fokus, tujuannya agar gambar yang dihasilkan tajam. Kamera DSLR bekerja secara otomatis dalam menyimpan gambar, sehingga gambar dari hasil jepretan langsung tersimpan otomatis didalam memory card dan tidak usah cemas karena gambar akan muncul pada layar. Dengan begitu, kita bisa menghapus atau menyimpannya sesuai kehendak pemakai.

Nah, itulah perbedaan kamera SLR dan kamera DSLR yang sangat jauh berbeda. Jika Anda pelajari secara cermat penjelasan tersebut, juga bakal menemukan beberapa perbedaan yang penting. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa perbedaan SLR dan DSLR terdapat pada sistem kerja dan media penyimpanan. Jika pada kamera SLR sistem kerjanya secara elektronik sederhana karena media penyimpanan gambar langsung disimpan pada gulungan film 35 MM serta untuk melihat akhirnya harus dicuci dan dicetak. Sedangkan pada kamera DSRL, sistem kerjanya sudah otomatis sehingga hasil photo langsung disimpan dalam memory card dan akhirnya bisa dipandang pada layar. Bagi Anda yang sukai mengedit pencahayaan, Anda dapat pula mengedit pencahayaan, menyimpan dan menghapusnya.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan kamera SLR dan DSLR yang terdapat pada sistem kerja dan memori penyimpanan data. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua sekaligus bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan untuk mengetahui apa saja perbedaan SLR dan DSLR.