Perbedaan Unsur dan Senyawa Dalam Ilmu Kimia

Perbedaan Unsur dan Senyawa - Perbedaan unsur dan senyawa bisa diidentifikasi dari atom-atom yang menyertainya. Apabila unsur merupakan terdiri dari atom-atom yang sejenis, sedangkan senyawa adalah gabungan dari unsur-unsur yang berbeda dan menjadi zat yang baru. Unsur adalah zat kimia yang tidak bisa dibagi-bagi lagi karena unsur yaitu zat tunggal yang paling sederhana tetapi senyawa masih bisa diuraikan menjadi unsur-unsur yang membentuknya karena bentuknya yang lebih kompleks dibandingkan dengan unsur.

Didunia ini di kenal terdapat 112 unsur dari yang bebas sampai terikat. Contoh unsur yang bebas yaitu emas dan intan. Hidrogen (H), Nitrogen (N), Oksigen (O), dan Carbon (C) juga termasuk contoh-contoh unsur, sedangkan contoh senyawa yaitu Air (H2O), senyawa air ini terdiri dari dua atom yakni atom hidrogen dan atom oksigen, tepatnya terdapat dua atom hidrogen pada setiap atom oksigen. Setiap unsur memiliki lambang untuk mempermudah dalam dipelajari. Lambang unsur yaitu huruf kapital dari setiap nama latin unsur tersebut dan ditulis dengan huruf kapital.

Walaupun terdapat perbedaan unsur dan senyawa, tetapi keduanya sama-sama memiliki lambang. Apabila lambang unsur yaitu suatu huruf, lain halnya dengan lambang senyawa yang disebut rumus kimia. Contoh rumus senyawa yaitu 2C6H12O6 yang bisa di baca 2 molekul glukosa disusun oleh 12 atom karbon, 24 atom hidrogen, dan 12 atom oksigen. Mengapa pada senyawa terdapat molekul? Perlu Anda ketahui bahwa bagian terkecil dari senyawa yaitu molekul. Terdapat dua jenis unsur, yakni unsur logam dan nonlogam. Untuk senyawa juga terdapat dua jenis, yakni senyawa biner dan senyawa poliatom.

Senyawa biner adalah senyawa yang terdiri dari 2 jenis unsur. Senyawa biner yang terdiri dari logam dan nonlogam dalam lambangnya di dituliskan nama logam terlebih dulu lalu baru nama non logam dan diberi nama akhiran –ida. Selanjutnya bagi senyawa biner nonlogam penulisannya adalah yang dituliskan pertama kalinya dijelaskan terlebih dulu. Setelah membahas senyawa biner, selanjutnya mengacu pada senyawa poliatom. Senyawa poliatom terdiri dari dua atau lebih atom didalam satu ion dan semuanya berhimpun.

Dalam penamaan senyawa poliatom, atom yang bermuatan positif dituliskan atau dijelaskan terlebih dulu disusul kemudian atom yang negatif. Atom positif disebut kation sedangkan atom negatif disebut anion. Didalam ilmu pengetahuan alam dan fokusnya yaitu pengetahuan kimia, maka terdapat tabel periodik unsur yang mempermudah siswa mengerti unsur. Pada tabel periodik ini, lajur tegak atau kolom berisi golongan sedangkan pada lajur mendatar atau baris yaitu dinamakan periode. Tabel periodik unsur-unsur ini dapat nanti akan memudahkan seseorang pelajari tentang senyawa. Tabel periodik sangat membantu dan membantu sebagai modal awal pelajari unsur ataupun senyawa sambil mengerti perbedaan unsur dan senyawa.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Unsur dan Senyawa semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.