Laman

Senin, 07 Desember 2015

Selisih Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika Serikat Yang Unik

Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat - Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika Serikat memiliki selisih yang cukup jauh, yakni lebih dari 10 jam. Selisih waktu antar negara ini dikarenakan letak astronomi dari negara tersebut yang berbeda-beda. Bukan hanya beda negara saja yang memiliki perbedaan waktu, dalam satu negara juga terkadang waktunya berbeda-beda. Seperti di Indonesia yang terbagi menjadi tiga bagian waktu atau zona waktu yakni WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Setiap zona waktu yang ada di Indonesia memiliki selisih satu jam antar zona waktu.

Perbedaan zona waktu juga terjadi di Amerika, negara ini terbagi atas 4 bagian waktu yakni EST (Eastern Standard Time), CST (Central Standard Time), MST (Mountain Standard Time), dan PST (Pasific Standard Time). Untuk lebih detilnya berikut akan diberikan perbedaan waktu Indonesia dan Amerika sesuai dengan pembagian zona waktunya.

1. Perbedaan waktu EST dan Indonesia
Zona waktu EST mencakup negara bagian Amerika yang ada di daerah pantai timur. Zona waktu ini mengusung UTC-5, jadi perbedaan waktu EST dan Indonesia sekitar 12 sampai 14 jam. Untuk zona waktu WIB perbedaan waktu dengan zona EST yaitu 12 jam, zona waktu WITA 13 jam sedangkan zona waktu WIT dengan WST memiliki selisih waktu 14 jam dengan EST. Waktu di Indonesia tambah lebih awal 12 jam dibandingkan dengan zona waktu EST Amerika Serikat.

2. Perbedaan waktu CST dan Indonesia
Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat pada zona CST lebih lama yakni 13 sampai 15 jam lebih cepat di Indonesia. Zona waktu CST Amerika ini mencakup daerah dibagian Teluk Meksiko. Zona waktu CST dan WIB memiliki selisih 13 jam, selisih 14 jam dengan zona waktu WITA dan memiliki selisih 15 jam dengan WIT. Hal semacam ini disebabkan CST memiliki sistem zona waktu UTC-6.

3. Perbedaan waktu MST dan Indonesia
Zona waktu MST sendiri mencakup negara bagian Amerika yang ada di daerah sekitar pegunungan Rocky. Selisih antara waktu Indonesia dengan MST ini sekitar 14 jam sampai 16 jam. Perbedaan waktu antara WIB dan MST yaitu 14 jam lebih cepat di WIB, 15 jam lebih cepat di WITA, dan 16 jam lebih jam di WIT. Jadi, ketika Indonesia sudah pagi negara bagian di zona waktu MST ini masih malam hari.

4. Perbedaan waktu PST dan Indonesia
Selisih waktu antara PST dan Indonesia sekitar 15 jam sampai 17 jam lebih awal. Perbedaan zona waktu ini karena PST menggunakan sistem UTC-8. PST sendiri adalah zona waktu yang ada di negara bagian yang letaknya dekat dengan Samudra Pasifik dan Nevada di Amerika Serikat.

Di setiap belahan dunia yang memiliki letak astronomis yang berbeda-beda pasti memiliki zona waktu yang berbeda pula. Ada juga beberapa negara yang memiliki zona waktu yang sama, hal semacam ini disebabkan karena letak negara mereka saling berdekatan dan memiliki luas yang sempit. Bagi Amerika dan Indonesia memiliki perbedaan zona waktu di setiap daerahnya yaitu hal yang wajar karena luas negaranya yang cukup luas. Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat ini tentunya memberikan efek yang sangat besar juga bagi kehidupan kita.


Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika Serikat semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.

Share this: