Beberapa Pendapat Mengenai Perbedaan Qada dan Qadar

Perbedaan Qada dan Qadar - Apabila Anda ingin mengetahui mengenai perbedaan Qada dan Qadar, simaklah penjelasan berikut. Sebagai Muslim atau muslimah, Anda tentunya sudah terbiasa mendengar Qada dan Qadar. Didalam Islam, Qada dan Qadar adalah hal yang perlu dipercaya atau dipercaya oleh umat Muslim. Qada dan Qadar ini termasuk sebagai salah satu rukun iman yang disebut ketentuan Allah SWT. Pada intinya, terdapat beberapa pendapat yang mengungkap mengenai perbedaan antara Qada dan Qadar. Salah satu ulama memiliki pendapat bahwa tidak ada perbedaan antara Qada dan Qadar. Ada pula yang berpendapat bahwa terdapat perbedaan diantara kedua kata tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa pendapat mengenai perbedaan Qada dan Qadar yang bisa Anda ketahui :
  • Orang yang membedakan Qada dan Qadar tidak memiliki dalil jelas, baik dari Qur’an maupun Sunnah yang membahas tentang hal tersebut secara rinci.
  • Jika salah satu kata dari Qada dan Qadar tersebut digunakan, maka sudah mewakili kedua kata tersebut .
  • Tidak ada manfaatnya bagi orang yang membedakan kedua kata tersebut karena sudah disepakati bahwa salah satu kata adalah perwakilan dari kedua kata tersebut .
Itulah beberapa pendapat menurut salah seorang ulama mengenai perbedaan antara Qada dan Qadar.

Selain itu, ada pendapat lain yang menyebutkan adanya perbedaan diantara Qada dan Qadar. Qada sendiri yaitu sesuatu yang sudah terjadi atau bisa disebut sebagai keputusan. Sementara Qadar adalah apa saja yang belum terjadi atau disebut sebagai ketetapan atau takdir. Lebih jelasnya, Qada adalah ketetapan Allah untuk makhluk-Nya. Mulai dari penciptaan, lalu peniadaan serta perubahannya. Sementara Qadar adalah sesuatu yang diputuskan oleh Allah sejak jaman Azali. Dari uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa Qada ada setelah Qadar atau Qadar ada terlebih dahulu lalu disusul oleh Qada.

Makna dari rukun iman mengenai Qada dan Qadar ini yaitu mempercayai atau meyakini atau beriman kepada apa yang sudah terjadi dan apa yang akan terjadi. Semua sesuatu yang sudah terjadi, baik maupun buruk, iman maupun kafir, patuh maupun ma’shiyat, seluruhnya sudah dikehendaki oleh Allah. Untuk lebih jelasnya, perbedaan Qada dan Qadar yakni Qada adalah kehendak dari Allah dalam memenuhi takdir. Di mana takdir yang masih berjalan bisa dirubah, sedangkan Qadar sendiri adalah takdir yang tidak bisa diubah-ubah lagi.

Qada adalah kehendak Allah, jika Allah sudah inginkan hal tersebut terjadi maka juga bakal terjadi. Meskipun takdir adalah ketentuan Allah yang tidak bisa dirubah, namun usaha dan tawakal bisa membantu memberikan hasil terbaik. Allah memastikan jika seseorang melakukan usaha dan tawakal yang sungguh-sungguh maka akan diberikan yang terbaik. Qadar sendiri sudah tercatat dalam kitab Lauhul Mahfuz. Isi dari kitab tersebut tidak bisa di ubah, di mana Qadar sendiri memiliki makna akhir maupun puncak. Qadar meliputi perbuatan-perbuatan sejak jaman azali.

Itulah beberapa pendapat mengenai perbedaan Qada dan Qadar yang bisa di sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.