Ini Dia Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder Sebagai Bahan Pengembang Kue

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder - Apa sih perbedaan baking soda dan baking powder? Sebelum lebih jauh, kita ulas dulu satu per satu ya. Baking soda dan baking powder keduanya ini memang sangat berperan penting dalam dunia dapur, khususnya dalam pembuatan kue. Biasanya baking soda ataupun soda kue ini digunakan ketika membuat adonan untuk kue, ada yang menggunakan salah satunya dan ada juga yang menggunakan keduanya (baking soda dan baking powder). Antara baking soda ataupun baking powder memang sekilas tidak bisa dibedakan satu sama lain. Karena untuk adonan kue sendiri kedua bahan ini sama-sama digunakan sebagai pengembang adonan.

Pengembang kue sendiri sebenarnya dibagi menjadi berbagai macam jenis, yaitu pengembang kimiawi dan pengembang organik. Keduanya ini memiliki perbedaan tersendiri, dimana pengembang organik sendiri melibatkan kinerja dari mikroorganisme, sementara pengembang kimiawi bekerja melalui zat-zat kimia di dalamnya. Akan tetapi, kita tak akan membahas lebih jauh mengenai pengembang organik dan kimiawi ini, kita hanya akan membahas tentang pengembang kimiawi yaitu baking soda dan baking powder.

Untuk perbedaan baking soda dan baking powder, kita bisa membahas satu persatu jenis pengembang kue ini, yaitu sebagai berikut :

1. Baking Powder
Baking powder ini terbuat dari sodium bikarbonat yang dicampur dengan pengemulsi dan sodium asam pirofosfat. Bahan baku sodium asam pirofosfat sendiri memiliki sifat asam lemah. Jadi, meskipun Anda menggunakannya pada adonan yang tidak mengandung bahan asam, maka kue akan tetap mengembang sempurna. Adapun kelebihannya yaitu baking powder ini tidak mempengaruhi rasa pada kue sebab kadar dari sodium bikarbonatnya tergolong lebih rendah daripada soda kue. Baking Powder sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu single acting dan double acting.
  • Single acting, yakni sebagai soda kue yang akan bereaksi setelah tercampur cairan ketika pencampuran adonan. Jadi perbedaannya dengan soda kue yaitu, baking powder ini cukup membutuhkan cairan saja agar bereaksi karena sudah mengandung asam di dalamnya. Berbeda dengan soda kue yang membutuhkan bahan asam dan cairan untuk bereaksi.
  • Double acting, adalah baking soda dengan senyawa kompleks. Baking powder yang satu ini memiliki reaksi yang tidak lama, juga gas CO2 yang dihasilkan hanya sedikit. Sehingga dengan adonan yang memakai baking powder ini tak perlu dikukus atau dipanggang segera, dan pas untuk adonan yang membutuhkan proses fermentasi.
2. Baking Soda
Baking soda atau soda kue adalah pengembang dari sodium bikarbonat yang murni tanpa adanya campuran berbahan lainnya. Sodium bikarbonat dari soda kue ini nanti beraksi dengan senyawa asam lalu menghasilkan gelembung gas CO2 pada adonan kue. Reaksi pengembang dari baking soda termasuk lebih cepat dan tak memerlukan waktu lama. Sehingga jika diberikan baking soda sebaiknya adonan segera dimasukkan ke proses berikutnya.

Bisa disimpulkan bahwa baking soda ataupun soda kue bias digunakan pada adonan kue seperti mentega, yoghurt, telur, susu dan lainnya. Sementara untuk menggantikannya dengan bahan pengembang baking powder, maka Anda harus melakukan trial terlebih dulu dengan takaran yang akan digunakan sebab hasil yang didapat pasti berbeda.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan baking soda dan baking powder. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.