Perbedaan Biografi dan Autobiografi Dari Pengertiannya

Perbedaan Biografi dan Autobiografi - Apa perbedaan biografi dan autobiografi? Kerapkali banyak orang yang membingungkan antara biografi dan autobiografi. Kedua hal ini memang saling berkaitan dan berdasarkan pengejaan memang hampir sama, namun apakah perbedaan dari biografi dan autobiografi tersebut? Biografi adalah riwayat atau kisah kehidupan seseorang atau tokoh yang sudah ditulis orang lain. Biografi sendiri ditulis berdasarkan berbagai macam tujuan, termasuk sebagai prosa naratif ekspositoris ataupun prosa faktual dengan mengungkapkan fakta-fakta yang nyata. Adapun tujuan dari biografi itu sendiri merupakan memberikan informasi kepada pembaca mengenai layar belakang dari kehidupan tokoh mulai sejak kecil sampai mencapai kariernya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan autobiografi? Autobiografi merupakan biografi yang sudah ditulis seorang tokoh mengenai perjalanan kehidupannya secara pribadi yang pernah dialami. Biasanya autobiografi ini sendiri ditulis sejak masa kecil hingga masa yang ditentukan penulis itu sendiri. Penulis autobiografi sendiri biasanya mengandalkan dari berbagai macam dokumen yang disesuaikan dengan memori dari sang penulis tersebut . Bahkan di negara-negara yang maju, riwayat hidup dalam bentuk buku ini adalah suatu karya sastra menarik yang bisa dikaji kembali. Berdasarkan Sallie Mcfaqua, autobiografi beserta tulisannya harus di nikmati dan di perhatikan sebab di dalamnya ada suatu kisah nyata sesuai kehidupan penulisnya.

Melalui KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia online, biografi adalah riwayat hidup seseorang yang dituangkan ke dalam suatu kertas atau buku yang ditulis oleh orang lain. Sementara autobiografi adalah riwayat pribadi sendiri yang ditulis oleh pemilik biografi itu. Sementara berdasarkan Wikipedia, biografi yakni kisah mengenai kehidupan seseorang. Dimana, biografi ini termasuk lebih kompleks dibandingkan dengan data-data dari pekerjaan seseorang, atau tanggal lahir dan matinya seseorang, biografi juga menceritakan perasaan yang ikuti terlibat ketika mengalami kejadian yang sudah di alami tokoh tersebut . Sementara autobiografi, menurut Wikipedia adalah biografi yang dituangkan langsung oleh subjeknya atau tokoh yang dimaksud.

Secara garis besar, bisa disimpulkan perbedaan biografi dan autobiografi berikut ini :
  • Data-data atau informasi yang terdapat pada sebuah biografi ini dituangkan oleh orang lain yang mengandalkan dokumen penting, memanfaatkan narasumber atau studi literatur yang mengungkapkan fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi pada subjeknya. Sementara informasi dari biografi seorang tokoh ini akan memberikan motivasi, sejarah penting dan hikmah bagi para pembacanya. Subjek pada penulisan biografi ini lebih mengarah pada tokoh-tokoh terkenal dengan jasa-jasa dan pemikirannya.
  • Sementara autobiografi sendiri ditulis atau dituangkan oleh diri sendiri beserta pengarang lainnya sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh tokoh tersebut dalam kehidupannya. Isinya berupa informasi tentang tahapan kehidupannya, mulai dari masa-masa sulit hingga puncak keberhasilannya.
Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan biografi dan autobiografi. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.