Perbedaan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Perbedaan Hak Dan Kewajiban - Perbedaan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia sebaiknya diketahui oleh masing-masing dari kita. Sehingga dengan pengertian yang benar, kita tidak akan melanggar hak masing-masing orang dan tidak juga meremehkan kewajiban yang sudah dibebankan terhadap kita. Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki dasar hukum, kita tidak bisa melakukan segala sesuatunya sesuai dengan keinginan kita tanpa memikirkan hak orang lain yang mungkin akan terampas karena tingkah kita. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang perbedaan hak dan kewajiban, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu arti kedua kata tersebut.

Hak bisa diartikan sebagai milik, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu, atau bisa juga diartikan sebagai kepunyaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Adapun arti dari kewajiban yaitu tidak boleh ditinggalkan, karena memiliki kata dasar wajib. Kewajiban dapat juga kita artikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan. Dengan demikian hak ini yaitu sesuatu yang di dapatkan oleh setiap warga negara, sedangkan kewajiban yaitu sesuatu yang harus dilakukan oleh warga negara.

Adapun hak warga negara yaitu sebagai berikut :
  1. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak. Dengan demikian, negara sudah seharusnya mencari solusi untuk masalah pengangguran dan kehidupan orang miskin yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak dengan baik dan sesuai.
  2. Ikut serta membela negara, yang berarti ketika terjadi suatu ancaman terhadap negara, bukan hanya aparat keamanan saja yang berhak untuk membela, namun masing-masing warga juga berhak untuk membela negaranya.
  3. Mengeluarkan pendapat di depan umum juga adalah hak warga negara. Akan tetapi untuk tidak dibenarkan bertindak anarki dalam menyampaikan pendapat.
  4. Memeluk agama sesuai dengan kepercayaan juga merupakan hal masing-masing individu. Sehingga dalam memeluk agama, tidak dibenarkan apabila dilakukan dengan menggunakan unsur paksaan.
  5. Setiap orang juga memiliki hak untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan karena masa depan berada di tangan generasi muda. Maka sudah harusnya sekolah bukan hanya berlaku untuk mereka yang kaya.
Adapun kewajiban warga negara yakni :
  1. Mentaati pemerintah dan hukum yang berlaku, sehingga walaupun kita merupakan orang terkaya, orang nomor satu atau orang yang sangat berpengaruh di muka bumi, sudah semestinya kita mentaati hukum yang ada.
  2. Mempertahankan keutuhan negara merupakan kewajiban kita semua tanpa terkecuali.
  3. Membela kedaulatan negara juga adalah salah satu kewajiban warga negara Indonesia yang wajib ditaati.
  4. Selain ketiga hal tersebut, sebagai warga negara Indonesia kita juga wajib untuk menjaga nama baik negara. Sehingga sangat tidak dibenarkan untuk menjelek-jelekkan negara di depan ataupun di belakang.
  5. Kewajiban lainnya yaitu turut memperjuangkan tujuan dan juga cita-cita negara dengan berbagai cara positif.
Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.