Perbedaan Kitab dan Suhuf Menurut Agama

Perbedaan Kitab dan Suhuf - Tahukah Anda apa perbedaan antara kitab dan suhuf itu? Antara kitab dan suhuf memang sama-sama berisi berbagai acuan yang biasa dijadikan pedoman untuk menentukan hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari. Walaupun dua hal ini sama-sama ditulis dalam bentuk teks, akan tetapi kedua hal ini memiliki perbedaan. Mengetahui perbedaan antara kedua hal ini penting sebagai ilmu. Jadi, kedepannya Anda bisa membedakan antara dalil yang didapat dari kitab atau suhuf.

Pada prinsipnya, suhuf dan juga sama-sama berasal dari wahyu yang diberikan oleh Allah untuk nabi. Akan tetapi jumlah suhuf yang diberikan dari Allah lebih sedikit daripada jumlah wahyu yang ada dalam kitab. Apabila wahyu dalam sebuah kitab biasanya memiliki jumlah yang bisa mencapai ribuan, sedangkan suhuf diberikan kepada nabi dengan jumlah yang jauh lebih sedikit bahkan tidak lebih dari seratus. Di antara nabi yang diberikan suhuf yaitu Nabi Adam as, Nabi Syits, Nabi Ibrahim As, dan juga Nabi Musa. Sedangkan nabi yang mendapatkan Kitab diantaranya Nabi Musa as, Nabi Isa as, dan Nabi besar Muhammad SAW.

Selain pada jumlah wahyu yang terdapat pada kitab dan suhuf, perbedaan antara kitab dan suhuf juga terdapat pada penulisan dari kedua hal ini. Untuk kitab sendiri biasanya menggunakan media buku untuk penulisannya. Jadi untuk menjadikan satu semua wahyu yang diberikan Allah kitab ini akan dijadikan sebuah buku yang nantinya akan menjadi pedoman umat beragama. Sedangkan untuk suhuf biasanya ditulis dalam lembaran. Jadi, wahyu yang didapat akan ditulis dalam lembaran kertas dan lainnya yang akan dijadikan pedoman para umatnya.

Biasanya dalil-dalil yang terdapat pada sebuah kitab juga lebih dalam dan lebih rinci. Dalam sebuah kitab akan terdapat dalil yang saling berhubungan yang akan saling menjelaskan secara lebih rinci. Sedangkan pada sebuah suhuf hanya berupa gambaran umum akan suatu hal. Jadi dalam suhuf hanya akan dijelaskan larangan dan hal yang harus dilakukan tanpa ditulis penjelasan lebih lanjut. Oleh karena itu, dalil-dalil yang ada pada sebuah kitab jauh lebih banyak karena menyangkut peraturan, cerita dan hal-hal kebaikan yang sangat lengkap. Karena kepadatan kitab inilah membuat tidak semua nabi memiliki kitab. Karena kitab akan turun sesuai dengan keadaan yang dihadapi oleh Nabiullah.

Perbedaan antara kitab dan suhuf yang sangat mendasar terdapat pada isi dari dalil yang diberikan oleh Allah melalui suhuf atau kitab. Walaupun memiliki perbedaan, namun kedua hal ini merupakan pedoman yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Dengan adanya kitab dan suhuf manusia akan menjadi lebih ingat dan juga taat pada Allah. Selain itu dengan adanya kitab dan juga suhuf juga dapat dijadikan untuk melakukan hal kebaikan dan menghindari hal yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan ketakwaan dan juga percaya akan apa yang ada pada kitab dan suhuf dari Allah maka manusia akan semakin bertakwa.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan kitab dan suhuf menurut Agama. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.