Perbedaan Pernapasan Dada dan Perut Dalam Tubuh Kita

Perbedaan Pernapasan Dada dan Perut - Perbedaan pernapasan dada dan perut sering kita dengar sehari-hari. Akan tetapi, tahukan Anda apa arti dari kedua pernapasan ini? Sebelum mengetahui lebih jauh tentang pernapasan dada dan perut, sebaiknya Anda mengetahui apa sesungguhnya yang dimaksud dengan pernapasan dada dan perut ini. Dalam setiap pernapasan akan terjadi dua gerakan yakni menghirup udara, yang pada proses ini akan terjadi proses masuknya sejumlah oksigen ke dalam tubuh kita dan biasa disebut dengan inspirasi.
Selain proses inspirasi ini, akan terjadi proses ekspirasi yakni, proses keluarnya zat karbon dioksida dari dalam tubuh setiap kali kita bernafas maka kita akan menghirup oksigen untuk lalu dialirkan ke seluruh tubuh dan membantu terjadinya metabolisme tubuh. Akan tetapi pada hembusan nafas yang kita lakukan bukan oksigen lagi yang keluar, melainkan karbon dioksida. Ini adalah proses terpenting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup yang melakukan pernapasan dengan kebutuhan oksigen yang sama seperti pada hewan.

Pernapasan dada bisa kita artikan sebagai pernapasan yang terjadi apabila otot antar tulang rusuk berkontrak sehingga akan terangkat di bagian tulang rusuk dan juga dada. Sedangkan akibat yang disebabkannya merupakan rongga dada akan membesar dan paru-paru akan mengembang. Sehingga orang yang melakukan pernapasan dada akan tampak dadanya naik turun dengan penggembungan ketika dada terangkat naik. Namun ketika terjadi ekspirasi atau proses keluarnya zat karbondioksida, otot antar tulang akan berelaksasi yang akan membuat tulang dada dan tulang rusuk turun kembali.

Pernapasan perut sendiri bisa terjadi ketika otot diafragma berkontraksi sehingga perut akan menjadi datar. Ketika proses ini terjadi maka rongga perut akan turun ke bawah, dan terjadi pembesaran ada rongga dada serta pengembangan pada paru-paru. Dan ketika terjadi ekspirasi maka semua kembali ke awal dan normal kembali.

Dari kedua pengertian tentang pernapasan tersebut bisa kita simpulkan bahwa perbedaan pernapasan dada dan perut yaitu sebagai berikut :

1. Pernapasan dada terjadi apabila otot tulang rusuk berkontrak, dan membuat tulang rusuk dan tulang dada terangkat. Sedangkan pernapasan perut terjadi apabila otot diafragma berkontraksi sehingga letaknya akan menjadi datar.

2. Otot yang ikut berkontraksi ketika terjadi pernapasan dada merupakan otot tulang rusuk dan tulang dada, sedangkan pada pernapasan perut otot yang ikut berkontraksi yaitu otot diafragma.

3. Dalam keseharian kita, pernapasan dada merupakan pernapasan yang paling sering kita gunakan. Sedangkan pernapasan perut biasa digunakan dalam kegiatan-kegiatan tertentu seperti ketika membutuhkan tarikan nafas panjang, ini bisa kita lakukan pada saat akan mengangkat beban berat, menyanyi, atau ibu-ibu yang sedang melahirkan.

Sekian informasi mengenai perbedaan pernapasan dada dan perut. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.