Perbedaan RAM dan ROM Dalam Sistem Komputer

Perbedaan RAM dan ROM - Saat ini semakin banyak pengguna komputer namun mereka belum mengetahui apa perbedaan RAM dan ROM. Dalam suatu komputer diperlukan suatu RAM dan juga ROM untuk melakukan beragam operasi komputer yang digerakkan. Selain adanya hardisk dan juga tentunya processor suatu komputer juga harus dilengkapi dengan RAM dan juga ROM. Tanpa adanya salah satu dari benda ini bisa menyebabkan pada komputer yang tidak bisa digerakkan bahkan tidak bisa dinyalakan. Oleh karenanya, dalam suatu komputer kedua hal tersebut wajib hukumnya untuk juga diselipkan.

Fungsi RAM dan ROM dalam komputer sendiri yaitu sebagai media penyimpan data sementara pada suatu proses komputer. Jadi, dalam setiap program yang digerakkan pada suatu komputer ini pasti membutuhkan transfer data agar program bisa berjalan. Nah, RAM dan ROM inilah yang memiliki peran untuk menyimpan data dalam suatu program yang sedang berjalan. Dengan semakin besarnya jumlah RAM yang digunakan pada suatu komputer maka akan semakin baik juga kinerja dari komputer tersebut . Untuk perbedaan RAM dan ROM sendiri Anda bisa simak penjelasan berikut ini :

RAM
RAM merupakan suatu media penyimpan data sementara dalam komputer yang hanya bisa bekerja jika komputer teraliri listrik atau menyala. Data yang ada pada RAM juga hanya berbentuk sementara. Dengan demikian jika program dihentikan atau komputer dimatikan maka suatu data yang ada pada RAM akan terhapus dan tidak bisa muncul kembali saat komputer menyala. Rata-rata RAM pada komputer juga di buat dengan jenis Intergrated Sircuit atau IC dan biasanya dipasang secara terpisah dari mainboardnya.

ROM
ROM merupakan suatu media penyimpan data yang berbentuk permanen. Bahkan ROM bisa bekerja walau dalam kondisi komputer yang mati. Salah satu jenis ROM yaitu ROM bios. ROM bios ini berperan sebagai media untuk menyimpan data berupa profil pengguna komputer dan juga waktu atau tanggal. ROM juga biasanya hanya berisikan program sistem bawaan dari pabrikan komputer. Pada saat sekarang ROM juga banyak yang menggunakan jenis Integrated Sircuit dengan demikian ROM akan langsung terpasang pada mainboard dan tidak bisa dilepaskan kembali.

RAM dan juga ROM merupakan dua buah hardware yang hampir sama penggunaannya dalam suatu operasi komputer. Akan tetapi sesungguhnya antara kedua hal ini memiliki perbedaan yang sangat penting. Fungsi dari RAM pada dasarnya merupakan media transfer dan penyimpan data sementara ketika pengguna komputer menjalankan suatu aplikasi. Sedangkan untuk ROM sendiri yaitu media untuk menyimpan data paling mendasar dalam suatu program komputer. Dengan demikian, ROM ini akan langsung bekerja begitu komputer dinyalakan dan menayangkan pengaturan bios dari komputer tersebut . Perbedaan RAM dan ROM tentunya sangat jelas berbeda walau demikian kedua hal ini merupakan hal terpenting dalam suatu komputer. Tanpa adanya dual hal ini maka komputer tidak akan bisa bekerja.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan RAM dan ROM semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima Kasih.