Perbedaan Teman dan Sahabat dari Makna Hubungan Tersebut

Perbedaan Teman dan Sahabat - Teman dan sahabat sering menjadi sandaran kita seperti keluarga, terlebih di saat kita jauh dari keluarga. Akan tetapi terdapat perbedaan antara teman dan sahabat yang terkadang belum banyak orang yang mengetahuinya. Walaupun sepintas makna dari teman dan sahabat cenderung disamakan, tetapi keduanya memiliki arti yang berbeda. Biasanya seseorang memiliki lebih banyak teman dibandingkan dengan sahabat. Teman biasa dimiliki dimana-mana, di lingkungan sekitar rumah, di sekolah, teman satu organisasi sekolah atau kampus, satu karang taruna, dan di lingkungan di lingkungan sosial dimana seseorang tersebut berada.

Namun, dari sekian banyak teman, hanya segelintir orang sajalah yang bisa ia percaya untuk mendengarkan keluh kesah dan masalah-masalahnya, itulah yang dinamakan sahabat. Apabila seseorang memiliki teman yang banyak tentunya akan sangat menggembirakan, di mana-mana banyak yang mengenal, namun akan jauh lebih membahagiakan apabila seseorang memiliki banyak sahabat. Dengan sahabat, kita bisa tampil apa yang ada tanpa perlu cemas apakah mereka akan menyukai sifat asli kita atau tidak, itulah perbedaan teman dan sahabat. Sahabat selalu mendukung apa yang kita lakukan, dalam hal semacam ini bukan bermakna jika kita salah ia selalu membetulkan apa yang kita lakukan.

Mendukung disini yaitu apapun yang terbaik untuk kita, mereka akan selalu menyemangati. Apabila kita salah, sahabat tidak akan segan untuk menasehati bahkan tegas dan keras. Namun jika hanya sebatas teman, terkadang tidak terlalu peduli dengan masalah kita karena memang hati mereka tidak terlalu menyatu dengan diri kita. Lain halnya dengan sahabat, yang selalu ada di saat kita sedih ataupun bahagia. Sahabat juga tidak ragu menceritakan masalahnya pada kita. Masing-masing dari kita sudah percaya satu sama lain sehingga sahabat akan tidak mengungkapkan aib sahabatnya kepada orang lain walaupun sedang berseteru.

Sahabat yang selalu ada bukan bermakna perjalanan persahabatan mereka selalu mulus, terkadang ada batu kerikil yang menguji persahabatan mereka, dari mulai perbedaan pendapat-pendapat kecil, menyukai seseorang yang sama, sampai beberapa hal besar lainnya. Dalam hal semacam ini kita dituntut untuk lebih dewasa selalu untuk memprioritaskan persahabatan dibandingkan dengan ego masing-masing. Bersahabat erat bukan bermakna tak ada perbedaan, justru arti persahabatan tersebut yang menjadi tantangan bagaimana agar tetap bersatu walaupun terdapat banyak perbedaan.

Biasanya seseorang tampil sempurna agar bisa di terima oleh orang lain atau dalam ajang mencari teman. Akan tetapi bagi sahabat, seseorang tidak membutuhkan kesempurnaan, sahabat mampu menerima diri seseorang apa yang ada. Perbedaan teman dan sahabat itulah yang menjadikan mengapa sahabat lebih tahu banyak tentang diri kita dibandingkan teman-teman. Seorang teman biasanya akan lebih sopan apabila bicara dengan kita, namun sahabat biasanya lebih enjoy dan blak-blakan tanpa takut menyinggung diri kita. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Teman dan Sahabat semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.