Perbedaan Unsur Senyawa dan Campuran yang Mudah untuk Anda Pahami

Perbedaan Unsur Senyawa dan Campuran - Untuk Anda yang masih belum mengetahui tentang perbedaan unsur senyawa dan campuran, Anda bisa menyimak penjelasan berikut. Unsur, senyawa dan campuran adalah 3 hal yang berbeda, dan tentunya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebelum membahas tentang perbedaannya secara lebih detail, ketahuilah terlebih dulu definisi masing-masing dari 3 hal tersebut.
Yang pertama yaitu unsur, unsur adalah zat tunggal dimana zat ini sudah tidak bisa dibagi atau diuraikan lagi. Meskipun tidak bisa diuraikan lagi melalui reaksi kimia, unsur memiliki bagian terkecil yang disebut atom.

Selanjutnya adalah senyawa, senyawa merupakan zat tunggal yang bisa diuraikan menjadi zat lain melalui reaksi kimia. Dimana zat yang terurai tersebut berbeda dengan zat pertama sebelum diurai. Senyawa juga memiliki bagian terkecil yang disebut dengan molekul, yakni gabungan dari 2 atom atau lebih. Kemudian yang terakhir yaitu campuran, campuran bukanlah senyawa karena memiliki sifat berbeda. Campuran adalah gabungan dari 2 atau lebih jenis zat. Didalam campuran, sifat komponen (campuran) tersebut tidak hilang.

Contoh dari unsur yakni emas, alumunium, perak, belerang, tembaga, karbon dan lain sebagainya. Kemudian contoh senyawa yakni gula pasir yang dibakar, gula pasir akan membuahkan zat baru yang berbeda dari sebelumnya. Hal tersebut adalah reaksi dari proses kimia yang dilakukan yakni berupa pembakaran. Sedangkan contoh dari campuran yaitu air yang dicampur dengan garam. Jika dirasakan, maka air garam tersebut memiliki rasa asin layaknya rasa garam. Begitu juga air, jika digunakan untuk menyiram api tetap akan mati. Air dan garam bisa bercampur, sifat asli dari air dan garam tidak hilang.

Kemudian, apa perbedaan dari ketiga hal tersebut? Perbedaan tersebut sudah dijelaskan pada pengertian dar ketiga hal tersebut. Namun untuk lebih detilnya maka bisa dirangkum dalam uraian berikut ini. Ini dia perbedaan unsur senyawa dan campuran yang bisa Anda ketahui :

Susunan
Unsur tersusun hanya dari 1 jenis atom saja, sedangkan senyawa tersusun lebih dari 1 unsur atom secara kimia. Sementara campuran terdiri lebih dari 1 unsur atau senyawa secara fisika.

Jika diuraikan
Unsur tidak bisa di jabarkan lagi menjadi suatu zat yang lebih kecil dengan menggunakan reaksi kimia sederhana. Sedangkan senyawa bisa di jabarkan lagi menjadi unsur yang membuat senyawa tersebut menggunakan reaksi kimia. Untuk campuran, campuran bisa dipisah menjadi zat yang membuatnya secara fisika.

Perbandingan massa
Senyawa memiliki perbandingan massa yang selalu tetap dari unsur-unsur penyusunnya. Sedangkan campuran memiliki perbandingan massa yang tidak tetap untuk beberapa zat penyusunnya.

Sifat
Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur yang menyusunnya. Sementara campuran memiliki sifat yang sama dengan sifat yang dimiliki zat penyusunnya.

Unsur, senyawa dan juga campuran memang berbeda, baik secara kimia maupun secara fisika. Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti mengenai perbedaan diantara ketiga hal tersebut.  Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Unsur Senyawa dan Campuran semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.