Perbedaan Virus dan Bakteri yang Penting untuk Diketahui

Perbedaan Virus dan Bakteri - Apabila Anda penasaran mengenai apa saja perbedaan virus dan bakteri, simaklah penjelasan berikut ini. Virus dan bakteri adalah istilah yang sering Anda dengar. Pengertian dari virus sendiri yaitu patogen yang non hidup dan juga aselular. Virus memerlukan sel inang untuk melakukan reproduksi, namun beberapa besar dari virus tidak memberikan tujuan yang bermanfaat. Sementara bakteri sendiri adalah organisme berupa sel tunggal dari tumbuhan yang memiliki ukuran sangat kecil, sekitar 0, 001 mm. Bakteri bisa menghuni di beberapa bagian tubuh, diantaranya yakni di kulit, usus dan mulut.

Berikut ini merupakan beberapa hal mengenai perbedaan antara virus dan juga bakteri. Diantaraya yaitu :

Struktur
Bakteri beberapa besar terdiri dari cincin DNA yang dikelilingi mesin seluler. Sementara virus terdiri dari beberapa materi genetik yang dikelilingi lapisan protein tipis. Namun, ada pula yang dikelilingi amplop tipis dan juga lemak.

Penutup
Bakteri ditutupi oleh sebuah dinding sel, dimana dinding sel tersebut terdiri dari polisakarida, lipid dan protein. Sedangkan virus ditutupi oleh suatu selubung yang terbuat dari protein, atau dikenal sebagai kapsid.

Membran sel
Untuk bakteri, ada tepat dibawah dinding sel sementara tidak terdapat membran sel untuk virus.

Ukuran
Bakteri memiliki ukuran yang relatif besar, yakni sekitar 100 kali ukuran virus. Sementara virus memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan bakteri.

Bentuk
Bakteri datang dalam 3 bentuk, salah satunya yakni bentuk bola (kokus), batang (basil) dan juga spiral (spirella). Sementara virus datang berbentuk yang berbeda-beda, untuk yang berbentuk pesawat disebut dengan bakteriofag.

Inang
Ini merupakan perbedaan yang paling mendasar antara bakteri dan virus yang bisa Anda ketahui. Bakteri bisa hidup dan berkembangbiak pada permukaan yang non hidup. Sedangkan virus sebaiknya memiliki inang agar bisa berkembangbiak.

Jenis
Bakteri yaitu orgasme antar-sel, sementara virus adalah orgasme intraselular.

Kegunaan
Beberapa bakteri memiliki manfaat atau bermanfaat bagi tubuh, namun untuk tidak virus. Semua virus berbahaya, bahkan antibiotik yang bisa membunuh bakteri tidak mampu membunuh virus.

Penyakit yang disebabkan
Bakteri bisa menyebabkan penyakit diantaranya TBC, kolera, infeksi Staph, tetatus, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Sedangkan virus bisa menyebabkan penyakit HIV/AIDS, pilek, flu, hepatitis, campak, polio, cacar, ebola dan lain sebagainya.

Reproduksi
Bakteri melakukan reproduksi melalui pembelahan biner, di mana bakteri bisa dibagi menjadi 2 sel. Sementara virus bisa bereproduksi dengan menyuntikkan diri ke sel hidup.

Akan Tetapi tidak semua bakteri bisa dibunuh atau diatasi dengan antibiotik biasa. Misalnya saja pada beberapa penyakit seperti pneumonia, diare, meningitis dan lain sebagainya. Sementara semua virus yaitu berbahaya, pasti Anda harus berhati-hati dengan virus. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Virus dan Bakteri semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.