Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 11 Semester K13 Beserta Jawaban

Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 K13 Beserta Jawaban - Menghadapi ujian akhir semester (UAS) satu SBK kelas xi kurikulum 2013, admin blog telah menyiapkan 50 soal PAS (Penilaian Akhir Semester). Memang sebelum Kurikulum 2013 diterapkan, dan masih menggunakan KTSP namanya dulu bukan PAS tetapi UAS. Semua soal-soal PAS Seni mencakup semua bab, mulai dari bab pertama yang berisi berkarya seni rupa, lalu materi PTS sampai bab terakhir yang berisi soal tentang teater modern.

Secara keseluruhan, semua soal pas SBK yang ada di tulisan ini berisikan soal-soal yang berbeda dengan sebelumnya, terutama pada soal pilihan ganda.

Berikut, contoh soal PAS Seni Budaya kelas 11 semester satu dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

1. Panjang pendeknya susunan nada-nada melodi dari sebuah lagu yang biasa dilihat dari penggalan-penggalan dinamakan….
a. ritme
b. birama
c. tempo
d. frasa melodi
e. tangga nada
Jawaban: a

2. Kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang disebut…
a. ruang
b. tekstur buatan
c. gelap terang
d. nirmana
e. perspektif
Jawaban: b
Pembahasan: tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang, dan terang-gelap.

3. Berikut yang termasuk teknik/penggunaan warna, kecuali….
a. harmonis
b. heraldis
c. gelap terang
d. monokromatik
e. polikkromatik
Jawaban: c
Pembahasan: dalam berkarya seni rupa terdapat beberapa teknik penggunaan warna yaitu secara harmonis, heraldis, murni, monokromatik, dan polikkromatik

4. Bahan dasar pembentuk spanram adalah….
a. kayu
b. besi
c. batu
d. karet
e. plastik
Jawaban: a
Pembahasan: kayu digunakan sebagai bahan bingkai (spanram) untuk menempatkan kanvas dan paku untuk mengaitkan kanvas pada permukaan kayu bingkai tersebut.

5. Hal pertama yang harus dilakukan seniman untuk memodifikasi karya adalah…..
a. penggunaan bentuk
b. imajinasi
c. hasil karya
d. mencetak
e. eksperimen
Jawaban: e
Pembahasan: dalam kegiatan modifikasi, seseorang selalu bereksperimen serta membayangkan suatu bentuk yang original, maksudnya orang tersebut berusaha mencari bentuk yang belum pernah ada.

6. Applied art disebut juga dengan….
a. aplikasi seni
b. penggunaan seni
c. seni rupa terapan
d. ekspresi seni rupa
e. aspek kerupaan
Jawaban: c

7. Alat musik yang menggunakan udara sebagai sumber bunyinya disebut….
a. membranophone
b. chordophone
c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone
Jawaban: d
Pembahasan: aerophone yang instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar baik getaran kayu yang dijepit bibir, lidah dalam instrument tersebut bergetar, maupun getaran dari bibir yang meniup. Contoh: recorder, seruling, dan saxsophone

8. Alat musik yang menggunakan senar/dawai sebagai sumber bunyinya disebut….
a. membranophone
b. chordophone
c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone
Jawaban: b
Pembahasan: chordophone yaitu instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau tali baik dengan cara dipetik atau digesek. Senar (dawai) yang ditegangkan sebagai penyebab bunyi. Contoh: piano, gitar, dan mandolin.

Baca juga35 Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Jawaban Lengkap dan juga contoh soal PAS SBK kelas 10 semester ganjil K13


9. Alat musik yang menggunakan badan alat musik itu sendiri dinamakan…..
a. membranophone
b. chordophone
c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone
Jawaban: c
Pembahasan: idiophone yaitu alat instumen musik yang sumber bunyinya berasal dari bagian instrument musik itu sendiri. Contoh: triangle, cabaza, dan marakas.

10. Perbedaan intensitas warna, terang-gelap, dan menggunakan teknik menggambar perspektif adalah suatu teknik…. Dalam karya dua dimensi.
a. kesan ruang
b. komposisi
c. sisi gelap
d. perbedaan dimensi
e. pengolahan unsur
Jawaban: a
Pembahasan: pada karya dua dimensi kesan ruang dapat dihadirkan dalam karya dengan pengolahan unsur-unsur kerupaan lainnya, seperti perbedaan intensitas warna, terang-gelap, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal UAS/PAS Seni Budaya Kelas 11 Semester K13 Beserta Jawaban Part-2