Inilah Perbedaan Vena dan Arteri (Pembuluh Darah)

Perbedaan Vena dan Arteri - Perbedaan vena dan arteri akan diulas pada kesempatan berikut ini. Vena dan arteri merupakan jenis pembuluh darah yang ada didalam tubuh. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak, dari mulai letak, fungsi, kandungan dan lain sebagainya. Kedua jenis pembuluh darah ini memang berbeda, bukan hanya dari nama tetapi juga dari berbagai macam. Jika Anda ingin mengetahui apa saja perbedaan antara pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri, simak informasi berikut.
Berikut ini merupakan beberapa hal yang membedakan antara pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri. Antara lain yakni :

Letak
Pembuluh darah arteri terdapat dibagian tubuh yang agak ke dalam, cukup jauh dari permukaan kulit. Sementara pembuluh darah arteri terdapat agar keluar, tidak terlalu jauh dari permukaan kulit.

Fungsi
Fungsi dari pembuluh darah arteri yakni mengangkut oksigen atau O2 keluar jantung. Sementara pembuluh darah vena mengangkut karbon dioksida atau CO2 menuju dari jantung.

Dinding pembuluh
Jika dipandang dari dinding pembuluh, pembuluh darah arteri memiliki dinding pembuluh yang kuat dan elastis. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki dinding pembuluh yang tipis serta tidak elastis.

Kandungan
Pembuluh darah arteri mengandung karbon dioksida yang sedikit, kecuali pada arteri pulmonalis. Pembuluh darah ini mengandung oksigen yang sangat banyak, kecuali pada arteri pulmonalis. Sementara pembuluh darah vena mengandung karbon dioksida yang sangat kaya kecuali pada vena pulmonalis. Begitupun sebaliknya, pembuluh darah vena mengandung oksigen yang amat sedikit terkecuali pada vena pulmonalis.

Arah aliran darah
Perbedaan vena dan arteri paling mendasar yakni pada arah aliran darahnya. Di mana aliran darah pembuluh darah arteri memiliki arah yang keluar jantung. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki aliran darah yang sebaliknya yakni menuju jantung.

Denyutan
Perbedaan lainnya dapat juga Anda lihat dari denyutan pembuluh darah tersebut . Pembuluh darah arteri memiliki denyut yang merasa sementara pembuluh darah vena tidak begitu terasa.

Aliran darah
Aliran darah pada pembuluh darah arteri cukup deras sementara pembuluh darah vena aliran darahnya lambat.

Jika terluka
Jika terluka, pembuluh darah arteri akan pancarkan darahnya sementara darah pada pembuluh darah vena akan menetes.

Kecepatan membeku
Darah dari pembuluh darah arteri lebih lambat membeku jika dibanding dengan darah di pembuluh darah vena.

Diameter
Pembuluh darah arteri memiliki diameter yang lebih kecil jika dibanding dengan pembuluh darah vena. Hal semacam ini di pengaruhi oleh ketebalan dinding pembuluh darah masing-masing.

Tekanan
Tekanan pembuluh darah arteri semakin besar dari tekanan pembuluh darah vena.

Warna
Warna pembuluh darah arteri yakni merah terang, sementara pembuluh darah vena berwarna merah gelap.

Pembuluh darah arteri dan vena memiliki pekerjaan dan fungsinya masing-masing, tidak heran jika keduanya memiliki banyak perbedaan. Setelah membaca penjelasan tentang perbedaan vena dan arteri tersebut, semoga Anda bisa mengertinya dengan mudah. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Perbedaan Vena dan Arteri (Pembuluh Darah) semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.