Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Karakteristik dan Perbedaan Lumut dan Paku

Perbedaan Lumut dan Paku - Lumut dan paku merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh ditempat yang lembab. Tanaman-tanaman dari jenis ini dipercaya sudah ada sejak jaman purba, dan merupakan tumbuhan purba yang tumbuh didalam hutan yang lembab. Lumut dan paku yang membutuhkan kadar air yang cukup tinggi di suatu media tumbuhnya memang sering kita temui di jalan-jalan, terlebih di jalan yang sering dilalui air.
perbedaan gymnospermae dan angiospermae,lumut dan paku dalam bentuk tabel,dikotil dan monokotil,persamaan,tabel perbedaan tumbuhan paku dan lumut,ciri ciri,manfaat,
Baca Juga : Perbedaan Manusia dan Malaikat

Apabila Anda melihat tanaman paku dan tanaman lumut bersamaan, mungkin Anda pernah berfantasi mengenai hutan hujan yang hijau. Atau barangkali Anda malah berpikir mengenai seluk beluk tumbuhan lumut dan tumbuhan paku. Untuk Anda yang mungkin sudah pernah belajar tentang tumbuhan lumut dan paku, Anda sedikit mengerti tentang kedua tumbuhan ini. Sebagai pengulangan, kami akan membagi perbedaan lumut dan paku yang sekiranya bisa membantu Anda yang masih bingung mengerti karakteristik tumbuhan paku dan tumbuhan lumut.

Berikut adalah karakteristik tumbuhan paku yang bisa mempermudah membedakan perbedaan dari lumut dan paku :
  • Memiliki batang, daun yang sempurna, serta akar yang menempel pada benda lembab.
  • Sudah memiliki pembuluh pengaku yang sempurna dan ada bagian xyliem dan floem nya.
  • Dominan generasi tumbuhan paku yaitu spora atau sporofit.
  • Sebagai generasi sporofit yaitu tumbuhan paku yang dewasa, sedangkan gametofitnya yaitu protalium/protalus.
Berikut adalah karakteristik tumbuhan lumut yang bisa mempermudah membedakan perbedaan lumut dan paku :
  • Masih adalah peralihan dari tumbuhan yang memiliki kormus dan bertalus. Sehingga tidak memiliki batang, daun yang sempurna juga akar.
  • Tidak memiliki pembuluh pengangkut yang sempurna.
  • Dominan generasinya yaitu gametofit.
  • Sebagai generasi sporofit yaitu sporogonium, sedangkan gametofitnya yaitu tumbuhan lumut dewasa.

Untuk perbedaan lumut dan paku ini yang lebih lanjut, bisa dibedakan dari letak spora, struktur tubuh, sistem vaskular, ukuran dan jenis akar. Letak spora pada lumut sendiri terdapat pada tangkai tunasnya, sedangkan tumbuhan paku di bagian bawah daun. Dari struktur tubuhnya, tumbuhan lumut tidak memiliki struktur daun sempurna, sedangkan tumbuhan paku memiliki daun sempurna. Sistem vaskular pada lumut memungkinkan ia tidak tahan hidup pada media yang minim air terlebih kering. Sedangkan tanaman paku masih sedikit bisa bertahan hidup. Ukuran tumbuhan lumut juga sangat kecil, sedangkan tumbuhan paku bisa tumbuh menjulang. Jenis akar pada tumbuhan lumut yaitu rizoid, dan tumbuhan paku memiliki akar rhizoma. Akar pada tumbuhan lumut juga mudah terlepas atau rapuh, walau ia memiliki akar tunggang. Inilah mengapa lumut mudah dibasmi, apabila tidak dibasmi bisa membuat dinding semakin rapuh. Sedangkan tanaman paku dengan akar serabutnya tidak terlalu bahaya bagi batu atau tembok.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai karakteristik dan perbedaan tumbuhan lumut dan paku. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Share this: