Laman

Kamis, 10 Desember 2015

Pembelahan Sel: Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan Mitosis dan Meiosis - Pada kesempatan berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan mitosis dan meiosis. Meiosis merupakan proses pembelahan ketika reproduksi sel yang memiliki tahapan profase metaphase hingga anaphase telofase yang mengalami reduksi atau pengurangan pada jumlah kromosomnya. Sedangkan mitosis merupakan proses reproduksi sel yang bisa membelah secara teratur yang juga mengalami tahap seperti meiosis namun dalam prosesnya memerlukan interfase atau masa istirahat karena bahan yang digunakan inti sel merupakan bahan inti itu sendiri.

Meiosis menyebabkan pembelahan sel yang bisa menghasilkan sel anak yang memiliki kromosom sampai dengan setengah dari sel yang dimiliki induk sel. Pembelahan yang terjadi pada meiosis terdapat pada gametosit atau dua sel kelamin. Pembelahan kromosom pada meiosis tidak diselingi interfase dan prosesnya terjadi hingga dua kali berturut-turut. Meiosis juga pertama kalinya muncul melalui siklus profase yang terus berlanjut ke tahap metaphase pertama, lalu anaphase, dan juga telofase.

Berikut perbedaan mitosis dan meiosis, ada beberapa yang bisa digaris bawahi :

1. Tujuan proses
Meiosis sendiri memiliki tujuan untuk mempertahankan adanya diploid, sedangkan bagi mitosis tujuan prosesnya merupakan untuk masa pertumbuhan seseorang.

2. Jumlah pembelahan sel
Dalam proses meiosis, sel yang dibelah akan menghasilkan 4 anak sel, sedangkan untuk mitosis hanya menghasilkan 2 anak sel saja.

3. Tempat terjadinya proses
Proses meiosis terjadi pada sel gonad didalam tubuh, sedangkan untuk proses mitosis terjadi di sel romantik.

4. Sifat sel anak
Sifat sel anak yang dimiliki oleh meiosis merupakan berupa haploid. Sedangkan untuk mitosis sifat sel anaknya merupakan diploid atau 2n.

Perbedaan mitosis dan meiosis juga terjadi dalam binatang, bukan hanya pada tumbuhan saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mitosis hanya bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel yang bermanfaat dalam proses pertumbuhan, sedangkan meiosis sendiri bertujuan untuk pembentukan sel gamet. Mitosis terjadi pada tempat yang berjaringan merismatis. Jaringan-jaringan seperti ini hanya terdapat pada batang dan ujung akar tumbuhan. Untuk meiosis sendiri terjadi pada organ kelamin jantan ataupun betina tumbuhan tersebut . Pada bagian mitosis pertama, terjadi sekali pembelahan yang dilakukan sel induk, sedangkan pada meiosis justru terjadi dua kali pembelahan. Jumlah kromosom yang dihasilkan dari pembelahan sel mitosis juga sama banyak degan sel induk, sedangkan pada meiosis hanya memiliki jumlah kromosom yang separuh dari milik induknya.

Sekianlah perbedaan mitosis dan meiosis yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga tulisan diatas bisa membatu Anda dalam memahami proses pembelahan sel, khususnya proses mitosis dan meiosis. Pada dasarnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mitosis dan meiosis bisa dibedakan dari tujuan prosesnya, jumlah pembelahan sel, tempat pembelahan dan sifat sel anak.

Share this: